Ucapkan Selamat Hari Raya,Bupati Askolani Ajak Masyarakat Mempererat Tali Silaturrahmi

Ucapkan Selamat Hari Raya,Bupati Askolani Ajak Masyarakat Mempererat Tali Silaturrahmi

Ucapkan Selamat Hari Raya,Bupati Askolani Ajak  Masyarakat Mempererat Tali Silaturrahmi
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Bupati Banyuasin H Askolani SH MH didampingi Wabup H Slamet SH menyerahkan sapi yang akan dikurbankan ke panitia kurban. 

SRIPOKU.COM, BANYUASIN -- Bupati Banyuasin H Askolani SH MH mengajak masyarakat untuk memaknai kurban yang dilakukan Nabi Ibrahim dan Ismail, ketika mendapat wahyu dari Allah SWT agar berkurban. Lalu turun hingga sekarang ini diwajibkan berkurban bagi yang mampu.

Askolani dampingi Wakil Bupati Banyuasin H Slamet SH beserta ribuan masyarakat melaksanakan ibadah shalat Idul Adha di Masjid Al Amir Komplek Perkantoran Pemkab Banyuasin, Minggu (11/8/2019).

Askolani datang bersama Istri dr Sri Fitriyanti. Turut sholat di Masjid Al Amir, Wakil Ketua DPRD Banyuasin, Pj Sekda, para Asisten, para Kepala OPD Banyuasin. Bertindak sebagai Imam dan Khotib Drs H Amri Siregar, MAg.

Dalam kesempatan tadi, Askolani mengucapkan selamat hari raya bagi seluruh umat muslim di seluruh Indonesia, khususnya masyarakat Kabupaten Banyuasin. “Selamat hari Raya Idul Adha, mohon maaf lahir dan batin. Mari kita saling mempererat tali silaturrahmi antar masyarakat, ulama dan pemerintah Kabupaten Banyuasin,” ucap Askolani.

Bupati Askolani memaknai hari raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban sebagai bentuk ketaatan manusia kepada Allah SWT, untuk berbagi kepada saudaranya yang belum sejahtera.

“Hari raya kurban merupakan hari berbagi kenikmatan makan enak di Hari Lebaran Idul Adha. Ini suatu peringatan bagi kita bahwa yang kita cita-citakan harus siap dikurbankan dan diberikan kepada mereka yang berhak,” kata Askolani

Lebih lanjut orang nomor satu di Bumi Sedulang Setudung tersebut mengajak masyarakat secara bersama-sama dalam membangun Kabupaten Banyuasin menjadi lebih baik.

Sementara, Khotib Imam Drs H Amri Siregar MAg dalam ceramahnya mengatakan, ibadah haji dan qurban sekali lagi mengingatkan kita terhadap kehidupan keluarga Nabi Ibrahim, bagaimana mereka berjuang dan berqurban untuk mendapatkan ridla Allah. Ibadah tersebut juga mengokohkan semangat kita untuk merenungkan apa arti qurban dan ibadah haji pada masa kini.

Menurutnya, haji dan qurban adalah syariat untuk pensucian jiwa, membersihkan kotoran yang ada pada hati kita, sifat-sifat ananiyah atau egoisme dibersihkan melalui ibadah haji dan menyembelih qurban. Kita tebar kepedulian sosial kita kepada sesama umat manusia melalui penyebarluasan daging qurban. Demikian pula persahabatan hakiki kita jalin antar sesama muslim se dunia melalui ibadah haji.

“Di hari Idul Adha ini marilah kita perkuat persatuan dan kesatuan umat ini, kita bangun masyarakat yang damai, saling nasihat, saling peduli sesama, karena kita bersaudara,” kata mantan Kakan Kemenag Banyuasin tadi.

Pada Hari Raya Idhul Adha tahun ini, Masjid Al Amir mengurbankan 9 ekor sapi. Usai melaksanakan ibadah shalat Id, Bupati Banyuasin dan Wakil Bupati Banyuasin menggelar acara open house di rumah dinas. 

Penulis: Mat Bodok
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved