Berita Muba

Selama 2 Hari, 30 Hektar Lahan di Sanga Desa Muba Terbakar

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di SP3 Desa Jud 1, Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin

Selama 2 Hari, 30 Hektar Lahan di Sanga Desa Muba Terbakar
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
Tim gabungan ketika melakukan pemadama api di SP3 Kecamatan Sanga Desa. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU-- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di SP3 Desa Jud 1, Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin selama 2 hari terakhir menyebabkan lahan yang terbekar sebanyak 30 Hektare.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Polri, TNI, perusahaan, dan masyarakat sekitar terus berjibaku, Jumat (9/8/19) memadamkan sisa api yang tersisa pada kawasan rawan banjir tahunan ini.

Kepala BPBD Muba Indita Purnama, mengatakan saat ini pihaknya melalui tim reaksi cepat penanggulangan karhutla yakni tim darat terus berjibaku memadamkan api. 

"Selama 2 hari ini total sementara lahan yang terbakar sebanyak kurang lebih 30 hektar lebih. Pihaknya saat ini masih terus melakukan pemadaman api yang tersisa,"kata Indita, di SP 3 Kecamatan Sanga Desa, Jumat (9/8/2019).

Lanjutnya, dalam pemadaman karhutla di SP3 pihaknya dibantu 2 unit helikopter Water Boombing dari BNPB. "Kita dibantu 2 heli Water Boombing. Upaya pemadaman terus kita lakukan agar api tidak terus meluas,"ungkapnya.

Sementara, Camat Sanga Desa, Suganda AP MSi, menyebutkan kondisi lahan yang terbakar merupakan hamparan lahan gambut yang kedalamannya mencapai 25 sampai 30 centimeter.

Tim yang melakukan pemadaman sulit memadamkan api karena sumber air yang mulai mengering, namun beruntung ada bantuan helikopter Water Boombing.

"Lahan yang terbakar merupakan lahan gambut, masyarakat sekitar yang rumahnya dekat lokasi mulai mengevakuasi barang tapi mereka tetap disana membantu pemadaman api. Saat ini kita masih terus berjibaku dalam menyisir untuk mematikan sisa api ditakutkan kembali membesar,"ungkapnya.

Daging Kurban Dibungkus Pakai Daun, Pemkot Palembang Imbau Warga tak Gunakan Kantong Plastik

Tips Mengolah Daging Kambing Kurban Agar Empuk dan tak Bau Prengus, Dijamin Mudah dan Enak!

Sederet Artis Ini Dinikahi Polisi, Ada yang Awet Sampai 11 Tahun, No 4 Dijadikan Istri Kedua!

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved