Urai Angka Pengangguran, Poltekpar Adakan Job Fair Hadirkan Perusahaan dari Dalam dan Luar Negeri

Poltekpar Palembang bersama 30 perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata akan mengadakan job fair selama 2 hari 14-15 Agustus

SRIPOKU.COM/HARIS WIDODO
Para pencari kerja mengikuti job fair yang digelar di Universitas Muhammadiyah Palembang bekerja sama dengan Sriwijaya Post dan Tribun Sumsel, Rabu (3/7/2019). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Guna mengurai angka pengangguran di Kota Palembang dan Sumatera Selatan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang bersama 30 perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata akan mengadakan job fair selama 2 hari 14-15 Agustus mendatang di kampus Poltekpar yang berlamat di Jalan Sapta Pesona No 10 Silaberanti.

Direktur Poltekpar Palembang Zulkifli Harahap mengatakan saat ditemui di ruangannya kegiatan job fair yang diberi nama Internasional Tourism and Hospitality Career Day (ITHCD) ini merupakan upaya Poltekpar Palembang untuk mengurangi pengangguran dan agar alumninya langsung bekerja setelah lulus dari Poltekpar.

"ITHCD ini merupakan click win Poltekpar Palembang yang bertujuan untuk melakukan apa yang namanya after sale service kami kepada mahasiswa karena kami punya target para alumni Poltekpar zero unemployement ini juga tujuan dari UNWTO (Organisasi Pariwisata Dunia)," katanya.

Dia juga mengatakan ITHCD ini merupakan bagian dari career development and intership center unit yang membantu mahasiswa agar bisa mudah mencari pekerjaan, membimbing mahasiswa.

"Jadi itu kami bentuk bagaimana mahasiswa ini akan mendapat pekerjaan dan dari kegiatan ini sebetulanya sudah menyelenggarakan direct interview untuk alumni/mahsiswa yang bekerjasama dengan industri pariwisata baik itu kementrian, restoran dan lainnya. Alhamdulillah kemarin sudah ada 15 mahasiswa kami direkrut di kapal pesiar Holland America Line, SAS. Sentina Arta Sumberdaya," katanya, Kamis (8/8/2019).

Pihaknya juga memiliki bisnis incubator incredible entrepreneur. "Untuk memenuhi target Kemenpar yang mengharuskan bahwa lulusan dibawah Poltekpar sebanyak 10 persen harus bisa menjadi wirausahawan, nah dari target ini kamu sudah melampaui batas ada 23 persen alumni pertama kami yang memilih jalur jadi pengusaha," jelasnya.

Jadi alumni pertama itu ada 131 orang, ada 30 orang yang mengikuti bisnis incubator dibidang pariwisata, dan sisanya ada 101 orang kemudian diambil 15 orang yang bekerja di kapal pesiar tinggal 85 orang.

"Sisanya baru kami job fair atau career day ini selain diperuntukan bagi alumni atau anak didik kami, kami juga membuka untuk umum karena UNWTO juga menyarankan agar sekolah (Poltekpar) ini harus bermanfaat bagi masyarakat, kami juga membuka loker untuk penyandang disabilitas semuanya gratis tinggal bawa curiculum vitae aja," katanya.

Dia menambahkan ada sekitar 50-100 lowongan kerja dibidang pariwisata bagi penyandang disabilitas. "Buat hotel yang gak menyediakan loker untuk penyandang disabilitas gak kami ikutkan dalam job fair ini. Jadi total maksimal loker yang ada di job fair ini nanti ada 800an," katanya.

Sementara itu, di job fair atau Internasional Tourism and Hospitality Career Day (ITHCD) pada 14-15 Agustus nanti di kampus Poltekpar Palembang terdapat 30 perusahaan yang bergabung baik perusahaan dalam negeri maupun luar negeri dan rata-rata loker yang ada untuk bidang pariwisata.

Diantaranya, Pullman Hotels and Resort, Wyndham Opi Hotel Palembang, The Zuri, The Alts Hotel, Holland America Line, Harper by Aston, Hotel Majapahit Surabaya, Hotel Santika, Lamonde, Fairmont, Aston.

The Alana by Aston, Bandara Internasional Hotel, ibis Hotel, ibis budget, ibis styles, The Arista Hotel Palembang, Novotel Hotels and Resorts, Favehote by Aston, Grand Mecure, OPI Mall, Mercure Hotels, hotel Neo by Aston dan lainnya. (Elm)

Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved