Demokrasi Tanpa Oposisi

Jika kita merujuk pada sumber KBBI, oposisi adalah partai pe­nan­tang di dewan perwakilan yang menentang dan mengkritik pendapat

Demokrasi Tanpa Oposisi
ist
Alip D. Pratama, MH

Demokrasi Tanpa Oposisi

Oleh: Alip D. Pratama, MH

(Direktur Eksekutif CDCS, Center for Democracy and Civilization Studies)

Jika kita merujuk pada sumber Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), oposisi adalah partai pe­nan­tang di dewan perwakilan yang menentang dan mengkritik pendapat atau kebijaksanaan po­li­tik golongan yang berkuasa. Dalam beberapa literasi, parpol tersebut disebut sebagai partai pe­nye­imbang.

Pada konteks partisipasi politik, menurut Firman Noor, dalam tulisannya yang berjudul ‘Oposisi Da­lam Kehidupan Demokrasi: Arti Penting Keberadaan Oposisi Sebagai Bagian Penguatan De­mo­krasi Di Indonesia’, dijelaskan bahwa oposisi merupakan wujud dari keterlibatan rakyat se­ca­ra langsung dan tidak langsung untuk melakukan kritik terhadap kebijakan yang diambil pe­merintah (Firman Noor, 2016).

Firman Noor juga menambahkan, oposisi merupakan sebuah keniscayaan dalam sistem demo­kra­si.

Guna mengimbangi cengkraman yang bagitu kuat dari kelompok oligarkis dan elitism di su­atu Negara, maka dibutuhkan sebuah sistem yang memungkinkan kelompok oposisi bisa mu­n­cul dan memiliki otoritas yang dibutuhkan untuk membendung kekuatan elit di atas.

Kehadiran partai oposisi dalam Pemerintahan merupakan hal yang sangat penting, utamanya jika ki­ta berpijak pada kaidah ‘power tends to corrupt, absolute power corrupt absolutey’ dari Lord A­c­ton, sebuah Pemerintahan yang absolute diyakini akan berujung pada tirani terhadap ma­sya­rakat sipil.

Oleh karena itu, Pemerintah membutuhkan kelompok oposisi untuk menjaga supaya Pe­merintah tidak absolute dan berimbang.

Dalam dunia politik, terutama bagi setiap Negara yang menganut sistem demokrasi sebagai inti pe­merintahannya, maka istilah oposisi menjadi sangat akrab di telinga.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved