Berita Musirawas

Polsek Rawas Ilir Sita Ikan Toman Hasil Penyeteruman di Sungai Rawas, Pelaku Kabur Pakai Ketek

Para pelaku illegal fishing (penyetrum) ikan di Sungai Rawas wilayah Kecamatan Rawas Ilir Musirawas kabur saat melihat patroli Polsek Rawas Ilir.

Polsek Rawas Ilir Sita Ikan Toman Hasil Penyeteruman di Sungai Rawas, Pelaku Kabur Pakai Ketek
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Ikan hasil tangkapan ilegal fishing atau penyeteruman di Sungai Rawas Kabupaten Musirawas yang diamankan Polsek Rawas Ilir. 

Laporan wartawan sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MURATARA - Para pelaku illegal fishing (penyetrum) ikan di Sungai Rawas wilayah Kecamatan Rawas Ilir kabur menggunakan perahu ketek saat didekati petugas patroli dari Polsek Rawas Ilir Polres Musirawas, pada Jumat (2/8/2019) sekitar pukul 04.00 dinihari.

Mereka meninggalkan begitu saja bos berisi ikan hasil tangkapannya di pondok rakit tepian sungai Rawas Desa BM I Kecamatan Rawas Ilir, milik salah seorang warga setempat yang sebelumnya sempat diturunkan dari perahu ketek mereka.

Petugas kemudian memeriksa bos berisi ikan tersebut yang didalamnya terdapat aneka jenis ikan hasil tangkapan illegal fishing tersebut.

Selain itu juga ditemukan satu ikatan ikan jenis toman dan ikan gabus lebih kurang 10 ekor dengan berat sekitar tiga kilogram.

"Para pelakunya kabur melarikan diri menggunakan perahu ketek setelah sebelumnya sempat menurunkan bos berisi ikan tangkapan dari hasil illegal fishing di pondok rakit tepian sungai milik salah seorang warga," ungkap Kapolres Musirawas AKBP Suhendro melalui Kapolsek Rawas Ilir Iptu Afrinaldi, kepada Sripoku.com, Minggu (4/8/2019).

Kerap Makan Korban, Ranjau Kayu di Jalan Simpang Raja Kabupaten PALI, Akhirnya Dibersihkan

Hunter Polresta Palembang Lumpuhkan Dua Penodong Sadis Di Atas Jembatan Ampera

Lakukan Sidak, BPOM Sumsel Temukan Mie dan Tahu Berformalin di Pasar Kalangan Betung PALI

Dikatakan, pihaknya melakulan patroli sungai, karena banyaknya laporan masyarakat terkait maraknya aksi penangkapan ikan sungai dengan menggunakan alat penyetruman ikan dan racun Ikan (Potas) di Sungai Rawas.

Karena itu dilakukan patroli di Sungai Rawas di wilayah Kelurahan Bingin Teluk, Desa BM I dan BM II Kecamatan Rawas Ilir.

Dikatakan, sebelum melakukan patroli, pihaknya terlebih dulu melakukan kordinasi dengan unsur pemerintahan kecamatan setempat.

Setelah kordinasi, pihaknya kemudian melakukan patroli dipinggiran Sungai Rawas menyusuri Desa BM I, BM II dan Kelurahan Bingin Teluk Kecamatan Rawas Ilir.

Pada Jumat (2/8/2019) sekitar pukul 04.00, dilakukan pengintaian terhadap satu unit perahu ketek yang akan bersandar di Desa BM I Kecamatan Rawas Ilir.

"Setelah berdandar dan menurunkan ikan-ikan di pondok rakit, anggota langsung mendekat. Namun melihat petugas, sopir ketek dan penumpang dua orang langsung melarikan diri menggunakan ketek tersebut dan Ikan yang diturunkan tertinggal di pondok rakit tersebut.

Diduga kuat ikan tersebut hasil ditangkap secara ilegal," katanya. 

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved