Maksimalkan Pemantauan Lokasi Rawan Bencana , Sumsel Terima Satu Unit Pesawat Caravan Dari BPBN

Maksimalkan Pemantauan Lokasi Rawan Bencana , Sumsel Terima Satu Unit Pesawat Cessna Caravan Dari BPBN yang akan patroli di wilayah Sumsel

Maksimalkan Pemantauan Lokasi Rawan Bencana , Sumsel Terima Satu Unit Pesawat Caravan Dari BPBN
IST Dok BPBD Sumsel
pesawat Cessna Caravan 208 B PKPJV dari BNPB 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU COM, PALEMBANG -- Guna memaksimalkan pemantauan lokasi rawan bencana Kebakaran Hutan dan Lahat (Karhutla), Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) mengirimkan bantuan berupa satu unit pesawat Caravan ke Sumatera Selatan.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan, Ansori mengatakan, pesawat Cessna Caravan 208 B PKPJV dari BNPB tersebut akan berpatroli di wilayah Sumsel sampai Oktober mendatang sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Siaga Karhutla 2019

"Rencananya sore ini sampai," ujarnya, Rabu (31/7/2019)

Menurut Ansori, Pesawat Cessna Caravan ini memiliki keunggulan berupa wilayah jelajah lebih luas dibanding helikopter dengan waktu terbang yang sama.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan,Herman Deru mengatakan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berupaya terus mengatasi permasalahan Karhutla. Di 2019 ini saja titik panas dibawah 500 titik dan semuanya telah diatasi.

BREAKING NEWS: Geprek Bensu Milik Ruben Onsu Terbakar Setelah Sebelumnya Pegawai Kesurupan Massal!

Diduga Karena Dendam Lama, Alex Di Bacok Oleh Musuh Lamanya Hingga Tewas Bersimbah Darah

"Meski demikian kita tetap waspada terus, makanya sore ini pesawat Caravan didatangkan untuk membantu pemantauan selain melalui satelit,"jelasnya.

Deru bersyukur Karhutla di wilayah Sumatera Selatan masih bisa ditanggulangi dengan cepat sehingga tak sampai meluas. "Apalagi kita diberikan bantuan alami (hujan) langsung dari Tuhan yang sayang dengan kita, Alhamdulillah kita tidak sampai seperti di Riau Karhutlanya," jelasnya.

Video: Viral Sepasang Remaja Dalam Angkot di Palembang, Diduga Lakukan Adegan Mesra

BREAKING NEWS : Pemkot Palembang Resmi Buka Pendaftaran CPNS dan P3K 2019, Berikut Ini Rinciannya!

Selain menyiagakan pesawat Caravan, dirinya sudah menandatangani surat keputusan terkait pengadaan alat pendeteksi bencana untuk di Kabupaten/kota di Sumsel. "Alat ini sebagai warning jika terjadi bencana. Tapi saya belum tahu pasti apakah alat ini juga bisa mendeteksi soal asap akibat Karhutla," ungkapnya. (Cr26)

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved