11 Daerah Tunggu Putusan MK, 24 September Pelantikan 75 Anggota DPRD Sumsel

KPU Sumsel memastikan, penetapan caleg terpilih untuk sembilan daerah tingkat DPRD Kabupaten/ kota plus provinsi Sumsel, masih menunggu putusan Mahkam

11 Daerah Tunggu Putusan MK, 24 September Pelantikan 75 Anggota DPRD Sumsel
ISTIMEWA
Ilustrasi

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) memastikan, penetapan caleg terpilih untuk sembilan daerah tingkat DPRD Kabupaten/ kota plus provinsi Sumsel, masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK), sementara sisanya sudah dilakukan penetapan. "Tanggal 6 hingga 9 Agustus putusan akhir di MK, jadi yang belum ditetapkan masih kita tunggu," kata ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, Minggu (28/7).

75 Anggota DPRD Sumsel Priode 2019-2024 Dilantik September, Satu Caleg Terpilih Meninggal Dunia

Percha Leanpuri dan Sri Kustina, 2 Caleg Perempuan Terbaik Pilihan Rakyat Sumsel dari Partai NasDem

Menurut Kelly, 6 daerah (Kabupaten/ kota) yang sudah melakukan penetapan calon legislatif terpilihnya yaitu, OKU, OKU Selatan, Muara Enim, Prabumulih, Ogan Ilir dan Lubuk Linggau. Sedangkan yang belum, kota Palembang, OKI, OKU Timur, PALI, Lahat, Pagar Alam, Empatlawang, Mura, Muratara, Muba dan Banyuasin, serta caleg terpilih DPRD Provinsi karena ada berproses di MK.

"Nanti, jika ada hasil putusan MK, KPU masing- masing tingkatan akan mengumumkan caleg- caleg terpilihnya, karena proses tahapan sudah selesai dan tinggal menunggu jadwal pelantikan," bebernya, seraya di Sumsel ada 12 gugatan berisi 24 perkara yang diajukan Parpol.

Sementara Wakil Ketua DPRD Sumsel M Yansuri mengungkapkan, untuk pelantikan caleg terpilih anggota DPRD Sumsel periode 2019- 2024, sesuai jadwal akan dilantik pada 24 September mendatang di ruang paripurna DPRD Sumsel.

"Kalau jadwal tanggal 24 Sepetember nanti dilantik di DPRD Sumsel, sebanyak 75 orang melalui rapat paripurna pengangkatan dan pengambilan sumpah, oleh ketua Pengadilan Tinggi Sumsel," ucap Yansuri. Dilanjutkan Yansuri pelantikan nanti sama dengan pelantikan anggota DPRD Sunsel periode- periode sebelumnya, dan tidak ada yang membedahkan secara signifikan.

Meski begitu, ia menerangkan dari 75 anggota DPRD Sumsel yang saat ini menjabat, hanya kurang dari sepertiganya yang kembali duduk dilembaga legislatif tersebut. "Dari 75 anggota yang ada, hanya bertahan 29 yang bertahan dan terpilih kembali lagi. Sementara kursi ketua DPRD Sumsel nanti ada di Golkar, dengan meraih 13 kursi dan sudah kemungkinan akan dilantik, meski digugat PDI Perjuangan di MK," tukas calon ketua DPRD Sumsel ini.

Sekedar informasi, dari hasil rekapitulasi perolehan suara tingkat KPU Sumsel, partai Golkar meraih 13 kursi (satu digugat ke MK oleh PDI Perjuangan) dari 75 kursi yang ada. Disusul PDI Perjuangan dengan 11 kursi (satu masih menggugat ke MK dapil IX Muba), Gerindra 10 kursi, Demokrat 9 kursi, PKB ada 8 kursi, PKS ada 6, Partai Nasdem ada 6, PAN ada 5, Partai Hanura ada 3, Perindo ada 3, dan PPP hanya ada 1 kursi. (ts-arf)

Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved