Berita Muratara

Beruang Madu Meresahkan Warga Ulu Rawas Muratara Dilumpuh dengan Tembakan Senapan Angin

Warga Desa Muara Kuis, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) berhasil menangkap seekor beruang madu.

Beruang Madu Meresahkan Warga Ulu Rawas Muratara Dilumpuh dengan Tembakan Senapan Angin
TRIBUN SUMSEL.COM/CR14/Handout
Seokor beruang madu yang tertangkap warga di Desa Muara Kuis, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Muratara, Selasa malam (23/7/2019) 

SRIPOKU.COM, MURATARA - Warga Desa Muara Kuis, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) berhasil menangkap seekor beruang madu.

Beruang Madu tersebut terpaksa dilumpuhkan dengan cara ditembak menggunakan senapan angin karena sangat meresahkan warga.

Informasi yang diperoleh Tribunsumsel.com, sebulan terakhir sudah banyak ayam ternak milik warga dimangsa oleh binatang buas tersebut.

Bahkan diduga karena kelaparan, kawanan beruang madu pernah mencoba masuk rumah warga dengan cara merusak pintu jendela dapur.

"Biasanya yang berkeliaran masuk permukiman warga itu ada tiga. Nah semalam berhasil ditangkap satu," kata warga setempat, Karlos (27 tahun), Rabu (24/7/2019).

Dikatakan, warga sengaja mengintai dan mengumpan kawanan beruang madu tersebut menggunakan ayam sejak menjelang azan Maghrib.

Alhasil, sekitar pukul 09.20 WIB, seekor beruang madu berukuran kecil datang dan langsung memangsa ayam yang telah diumpan warga.

Pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi Ungkapkan 3 Faktor Kekalahan dari PSPS Riau di Liga 2 2019

Video: Sumur Air Milik Amrin Warga Pagaralam Ini Tiba-tiba Mengeluarkan Minyak Bumi

IRT di Musirawas Diperkosa Tetangga Teman Suami Korban, perut diinjak dan cekik

Tidak berselang lama, warga langsung melepaskan tembakan ke arah beruang hingga mengenai bagian dadanya.

"(Beruang) yang berhasil ditangkap itu sepertinya anaknya, soalnya kecil, kalau induknya diperkirakan lebih besar lagi," ujar Karlos.

Masyarakat setempat khawatir jika sewaktu-waktu kawanan beruang itu menyerang warga, terutama anak-anak yang sedang bermain di luar rumah.

Sementara itu, Kepala Desa Muara Kuis, Yon Kelana membenarkan dan ia telah menerima laporan dari warga terkait ditangkapnya beruang madu yang meresahkan tersebut.

Menurut cerita warganya, memang masih banyak beruang madu yang kerap terlihat oleh warga di kawasan hutan di wilayah itu.

Bahkan tidak hanya di Desa Muara Kuis, juga terdapat di Kelurahan Muara Kulam, Desa Tanjung Beringin dan beberapa desa lainnya.

Hingga saat ini pihaknya belum mendengar kabar ada warga yang diserang kawanan beruang madu di desa tersebut.

"Namun kita tetap waspada. Saya menghimbau masyarakat agar tetap berhati-hati. Jika melihat, segeralah melapor kepada kami selaku pemerintah desa," katanya.

Editor: Tarso
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved