Wahai Pria, Jangan Sepelekan 5 Gejala Kesehatan Ini; seperti Gampang Marah

Banyak pria yang malas memeriksakan ke dokter, tetapi kelima gejala ini seharusnya jadi pengecualian.

Wahai Pria, Jangan Sepelekan 5 Gejala Kesehatan Ini; seperti Gampang Marah
ISTIMEWA
Ilustrasi

SRIPOKU.COM - Banyak pria yang malas memeriksakan ke dokter, tetapi kelima gejala ini seharusnya jadi pengecualian.

Terkadang gejalanya sepele, seperti gatal-gatal atau otot terasa sakit. Namun, jika gejalanya menetap atau kamu memperhatikan adanya pola tertentu, mungkin itu adalah sesuatu yang serius dan perlu segera ke dokter.

Kelainan Struktur Otak Picu Orang Gampang Marah-marah

Awas, Jangan Biarkan Batuk Tak Kunjung Sembuh

1. Benjolan yang tak kunjung hilang
Kamu mungkin merasa itu hanya jerawat atau tahi lalat, dan beberapa orang berusaha menghilangkannya dengan pisau cukur, sehingga akan membuatnya berdarah.

Menurut American Cancer Society, jerawat misterius itu bisa berupa karsinoma sel basal, suatu bentuk kanker kulit yang dapat diobati. Benjolan ini lebih banyak menyerang pria daripada wanita.

Dijelaskan oleh dokter kulit Whitney Bowe, MD, dari Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, spot biasanya muncul pada kulit kepala, kelopak mata, ujung telinga, dan punggung, terutama jika kamu sering beraktivitas diluar ruangan.

"Sel basal cenderung tidak menyebar dengan cepat seperti halnya melanoma, tetapi semakin lama menunda untuk berkonsultasi dengan dokter, semakin bisa membuat bekas luka," kata Bowe.

2. Masalah buang air kecil
Mendadak kamu sering keluar masuk kamar mandi hanya untuk buang air kecil di malam hari atau merasa sakit saat berkemih.

Ahli urologi Ryan Berglund, MD, dari Klinik Cleveland, mengatakan prostat yang membesar sering disalahkan sebagai penyebabnya. Kondisi ini memang terjadi pada setengah pria.

Walau sebagian besar keluhannya bisa sembuh sendiri, tetapi yang lain membutuhkan obat-obatan untuk mengurangi ketidaknyamanan.

Ada juga pria yang memerlukan pembedahan untuk mencegah komplikasi dari penyumbatan seperti kerusakan ginjal.

Halaman
123
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved