Berita Palembang

Penyaluran KUR dari Bank BNI di Sumsel pada Juni 2019 Lampaui Target

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank BNI di Sumsel pada Juni 2019 lalu tercatat pada angka gemilang.

Penyaluran KUR dari Bank BNI di Sumsel pada Juni 2019 Lampaui Target
SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI
Layanan perbankan di Kantor BNI Musi Palembang beberapa waktu lalu. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank BNI di Sumsel pada Juni 2019 lalu tercatat pada angka gemilang.

Pada enam bulan pertama di tahun ini realisasi kredit mencapai Rp535 miliar dari total target penyaluran Rp587 miliar.

Pemimpin Wilayah BNI Palembang, Dodi Widjajanto mengatakan penyaluran pembiayaan tersebut secara proporsional sudah mencapai 91 persen untuk target tahunan sedangkan secara porsi hingga semester I sudah menyentuh angka 182 persen.

"Ini artinya tinggal Rp50 miliar lagi yang harus disalurkan. Prediksi kami di September alokasi KUR yang diberikan pemerintah akan sudah habis," kata dia pada kegiatan Gowes Bersama BNI, Minggu (21/7/2019).

Meski demikian, menurut Dodi, dia belum mengetahui besaran tambahan KUR yang akan diberikan pemerintah untuk menambah kuota penyaluran.

Sebagai gambaran tahun 2018 lalu penyaluran kredit dari bank BUMN ini sebesar Rp469 miliar sedangkan pada tahun ini angkanya diperbesar menjadi Rp587 miliar.

"Penyalurannya yang sudah bagus juga diimbangi dengan rasio kredit macet (NPL) yang juga masih relatif kecil. Untuk kredit umum saja NPL di angka 1,43 persen dan untuk KUR masih di bawah angka tersebut," terangnya.

Dia menjelaskan, tercapainya angka penyaluran yang menggembirakan ini karena upaya yang dilakukan oleh oleh pihak Sentral kredit kecil Palembang, cabang Prabumulih, Kayuagung, Lubuklinggau dan Baturaja.

"Untuk di Palembang sendiri memang penyaluran kredit masih di dominasi oleh sektor perdagangan sementara di daerah lain di Sumsel yakni untuk sektor perkebunan dan pertanian," jelas Dodi.

Faktor yang menjadikan potensi penyaluran ini begitu besar, ujar Dodi, juga karena banyak kerja sama dengan komunitas masyarakat dengan pihak perbankan.

Selain itu, juga didukung kerjasama dengan kelompok-kelompok tani di beberapa daerah yang menjadi basis penyaluran KUR.

"KUR ini memberikan tambahan nilai dan tambahan pendapatan (income) untuk masyarakat setelah diberi tambahan modal untuk mengembangkan usaha yang telah dirintis." ujarnya.

Napak Tilas Nunung Si Tukang Ngompol, Sempat Jualan Batik hingga Jadi Primadona Acara Talkshow

Ahmad Dhani di Penjara, Mulan Jameela Rela Keliling Panggung Demi Hidup, Penampilannya Disoroti!

Pergoki Isi WA, Denny Cagur Sebut Putranya dan Putri Nikita Mirzani Pacaran, Tolak Dianggap Posesif

Penulis: Jati Purwanti
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved