Presiden Jokowi Akan Resmikan Tol Kayuagung-Pematang Panggang-Terbanggi Besar

Agustus Ini Presiden Jokowi Akan Resmikan Tol Kayuagung-Pematang Panggang-Terbanggi Besar

Presiden Jokowi Akan Resmikan Tol Kayuagung-Pematang Panggang-Terbanggi Besar
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Beberapa kendaraan melintas di jalan Tol Kapalbetung pada arus mudik lebaran 2019 beberapa waktu lalu. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus memacu percepatan pembangunan jalan bebas hambatan Kapal Betung (Kayuagung-Palembang-Betung) terutama untuk segmen Palembang-Betung.

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mengatakan percepatan pembangunan ini didasari oleh kebutuhan mendesak, mengingat kemacetan yang kerap terjadi di ruas jalan nasional. Ditargetkan pengerjaan rampung pada 2020 sehingga diharapkan 2021 bisa dioperasionalkan.

Tak Sangka Videonya Viral, Profesor Hukum Yang Cekcok Dengan Polisi di Surabaya Minta Maaf

Pria Ini Cekcok dan Ceramahi Polisi Di Surabaya. Videonya Viral, Berikut Fakta dan Kronologinya.

"Kalau Palembang-Kayuagung sudah selesai meski masih Exit Tol sementara di Jakabaring karena harus melanjutkan Jembatan Keramasan lalu Jembatan Pulokerto (Musi III). Jadi tinggal lanjutan pembangunan Palembang-Betung," ujarnya, Jumat (19/7/2019)

Diungkapkan Deru, pihaknya bersyukur keinginan untuk percepatan pembangunan infrastruktur langsung ditanggapi positif oleh Kementerian PUPR.

"Tinggal action saja sebab ini bukan tender, sudah ada dari Waskita yang akan mengerjakan. Yang penting logsegmen bisa terbangun dulu baru lainnya seperti rest area menyusul,"jelasnya,

Untuk mendukung pembangunan ini, Kementerian PUPR telah menyetujui untuk dilakukan pelebaran ruas jalan di KM 20 Palembang-Air Batu. "Dana semua dari Pusat menggunakan dana APBN," ungkapnya.

Gubernur menilai pengerjaan ruas Palembang-Betung bisa selesai lebih cepat karena tidak banyak harus dilakukan penimbunan.

Sementara itu, Koentjahjo Pamboedi, anggota BPJT Kementerian PUPR menjelaskan, pada Oktober 2019 nanti direncanakan akan dilakukan peresmian pada ruas tol Kapal Betung di segmen Kayuagung hingga Jakabaring sepanjang 33 Kilometer.

"Pengerjaan untuk Palembang-Betung masih on progress sesuai yang dijadwalkan. Untuk Pematang Panggang-Kayuagung, Pematang Panggang-Terbanggi Besar, Agustus ini akan diresmikan Presiden rencananya," ujarnya.

Menanggapi ruas tol yang masih dalam fungsional, Koentjahjo menjelaskan memang masih banyak yang harus dimaksimalkan seperti persoalan lampu penerangan dan juga transaksi pembayaran.

"Kalau masih tahap Fungsional memang masih banyak kekurangannya. Tapinyang terpenting adalah sosialiasi terkait pembayaran tol yang kini sudha diwajibkan cashless menggunakan e-money," tutupnya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved