Berita Ogan Ilir

Minimal Punya 2 Calon, Pilkades Serentak 2019 Ogan Ilir Belum Bisa Digelar Sekarang

Kepala Dinas PMD Trisnolhaq mengatakan, setiap desa yang akan menggelar Pilkades di Ogan Ilir tersebut minimal memiliki 2 calon, dan maksimal 5 calon

Minimal Punya 2 Calon, Pilkades Serentak 2019 Ogan Ilir Belum Bisa Digelar Sekarang
SRIPOKU.COM/RESHA
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Trisnolhaq. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Resha

SRIPOKU.COM, OGAN ILIR-- Sebanyak 54 desa di Kabupaten Ogan Ilir, akan menjalani Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 2019 ini. Rencananya, pemilu tingkat desa ini akan dilakukan pada penghujung tahun.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Trisnolhaq mengatakan, setiap desa yang akan menggelar Pilkades di Ogan Ilir tersebut minimal memiliki 2 calon, dan maksimal 5 calon. Para calon tersebut, akan dipilih langsung oleh warga desanya.

"Ada syarat administrasinya, seperti surat keterangan bebas narkoba, bebas dari hukuman dan lain-lain," ujarnya saat diwawancarai, Jumat (19/7/2019).

Ia mengatakan, Pilkades tahun ini belum bisa dipastikan kapan akan digelar. Pasalnya, pihaknya masih menunggu pembentukan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang saat ini masih berlangsung.

"Bisa saja digelar Pilkades 2019 ini sekarang, tapi kan nanti ada panitia pemilihan kepala desa. Yang bentuk itu BPD, dan nanti BPD juga yang memberi pengantar kemenangan kepada Bupati untuk Kades terpilih. Kalau nanti BPD-nya berganti, tentu administrasinya terganggu," tambahnya.

Apalagi, ia mengatakan BPD di Ogan Ilir ini tidak habis dalam waktu yang berbarengan. Sehingga mau tak mau, agar tak mengganggu administrasi pihaknya akan menunggu agar pemilihan BPD selesai semua.

"Jadi saya ga bisa sebut bulan berapa, nanti meleset timbul pertanyaan," ungkapnya.

Saat ini, beberapa kepala desa yang habis masa jabatannya sudah habis. Untuk itu, ditunjuklah Penanggung Jawab Sementara (Pjs) yang bertugas memangku jabatan, selagi menunggu Pilkades serentak 2019 nanti bergulir.

"Nanti kalau sudah rampung semua, baru kita umumkan," jelasnya.

ACT Berikan Belasan Ribu Liter Air Bersih untuk Atasi Kekeringan di Tegal

Detik-detik Lucinta Luna Terjungkal dari Kursi Saat Live, Lihat Reaksi Ayu Ting Ting dan Ruben Onsu

Suzuki Resmi Rilis Jimny Generasi Ke-4 di GIIAS 2019, Berikut Spesifikasi Lengkap dan Harganya

Penulis: RM. Resha A.U
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved