Berita Banyuasin

Ketua TP PKK Banyuasin dr Sri Fitriyanti Askolani Harap Pusat Oleh-oleh Banyuasin Jadi Perhatian

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banyuasin dr Sri Fitriyanti Askolani berkunjung ke pusat oleh-oleh, kuliner

Ketua TP PKK Banyuasin dr Sri Fitriyanti Askolani Harap Pusat Oleh-oleh Banyuasin Jadi Perhatian
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Ketua Dekranasda Kabupaten Banyuasin dr Sri Fitriyanti Askolani kedua dari kiri, bersama staf memperlihatkan kain songket, asli tenunan asal Banyuasin. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Mat Bodok

SRIPOKU.COM, BANYUASIN -- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah  (Dekranasda) Kabupaten Banyuasin dr Sri Fitriyanti Askolani  berkunjung ke pusat oleh-oleh, kuliner di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Palembang-Betung.

Kedatangan istri Bupati Banyuasin H Askolani SH MH bersama rombongan untuk melihat kesedian oleh-oleh, karena lokasi sangat strategis dilewati oleh banyak kendaraan baik dari Kota Palembang menuju Provinsi Jambi, Pekan Baru dan kabupaten kota lainnya.

Masih kata dr Sri, pusat oleh-oleh ini, perlu dikembangkan lagi, baik melalui sosialisasi publikasi maupun penataan wajah pintu masuk, gerbang oleh-oleh harus ditata dengan bagus. Sehingga pengunjung tertarik untuk melihat pusat oleh-oleh.

"Paling tidak, pengendara kendaraan istirahat di lokasi pusat oleh-oleh sembari melihat kerajinan tangan khas Kabupaten Banyuasin," tutur Sri yang memang untuk merubah wajah pusat oleh-oleh lebih jreng, dan menarik perlu dukungan pemerintah kabupaten.

"Banyak yang dibenahi, fasilitas pendukung disini. Untuk oleh-oleh khas Banyuasin perlu diringkatkan dan ditambah, agar semarak pengunjung untuk hadir di pusat oleh-oleh bertambah," ungkapnya.

Seperti yang diperlihatkan Ketua TP PKK Banyuasin ini, kerajinan songket. Asli tenunan masyarakat Banyuasin. Beragam motif jenis yang menunjukan hasil pertanian seperti, songket bermotif batang sawit, motif udang, dan banyak motif lainnya.

Selain songket, kerajinan dari tangan-tangan halus, lembut asal Banyuasin, juga ada jenis lainnya seperti tas, topi, bungkus tisu, sandal, dompet, topi pot bunga, kembang, masih banyak lainnya.

"Untuk kuliner, ada pempek udang, klempang, kerupuk, dan banyak lagi lainnya yang menjadi hak paten asli asal Banyuasin," ucap Sri yang mengakui banyak makanan khas Banyuasin yang terbuat dari bahan udang, belum banyak terexpos oleh media. 

Kini Bos Louis Vuiton Jadi Orang Terkaya Nomor Dua di Dunia Gantikan Bill Gates

Cerita Fitri Oktavia Korban Kecelakaan Maut di Ruas Tol Lampung, Berniat Buka Ponpes di Baturaja OKU

Inilah Fakta-fakta Nikita Mirzani yang Disembunyikan, Jangan Syok Tahu Riwayat Pendidikannya!

Penulis: Mat Bodok
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved