Berita Palembang

Bahas Isu Kelistrikan, Forum Sistem dan Pembangkitan Regional Sumatera Kumpul di Palembang

Cari Inovasi Keandalan dan Efisiensi Listrik, Forum Sistem dan Pembangkitan Regional Sumatera Berkumpul di Palembang

Bahas Isu Kelistrikan, Forum Sistem dan Pembangkitan Regional Sumatera Kumpul di Palembang
SRIPOKU.COM/YANDI TRIANSYAH
Forum Sistem dan Pembangkitan Regional Sumatera 2019 membahas isu strategis mengenai kelistrikan di Kantor Unit Induk Pembangkitan Sumatera di Jalan Demang Lebar Daun Palembang, Selasa (16/7/2019). 

Cari Inovasi Keandalan dan Efisiensi Listrik, Forum Sistem dan Pembangkitan Regional Sumatera Berkumpul di Palembang

 

Laporan wartawan Sripoku.com Yandi Triansyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Forum Sistem dan Pembangkitan Regional Sumatera 2019 membahas isu strategis mengenai kelistrikan  di Kantor Unit Induk Pembangkitan Sumatera di Jalan Demang Lebar Daun Palembang.

Setidaknya ada lima isu strategis yang dibahas PLN.

Yakni bagaimana agar kebocoran boiler CFB berkurang, bagaimana agar tidak terjadi blocking batubara, unloading facility andal untuk menjaga stok batubara, pemakaian BBM PLTU minimal dan peranan pembangkit dalam pengaturan frekuensi dan tegangan sistem.

Senior Manager Engeneering PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan, Edward Batubara, forum ini dilakukan sebagai wadah untuk sharing ilmu dan sharing pengalaman dalam tata kelola pembangkitan yang lebih baik dan modern disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan tentang tata kelola pembangkitan, juga mensharingkan beberapa inovasi yang telah dilakukan oleh perserta forum dan telah terbukti mampu memberikan perbaikan, efektivitas dan efisiensi pengelolaan pembangkitan.

Pada akhirnya forum ini dilakukan untuk mendapatkan solusi terbaik terhadap permasalahan dalam tata kelola pembangkit dan tujuannya tentuanya adalah dalam menjaga keandalan suplai listrik sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa terjamin bersama PLN.

Forum ini juga diharapkan dapat mendorong adanya inovasi yang lebih banyak lagi dalam tata kelola pembangkitan yang lebih baik sehingga pada forum ini pihaknya mengundang ahli-ahli dari luar agar nantinya bisa melakukan _sharing knowledge_ mengenai perbaikan terhadap operasi operasi yang dilakukan selama ini.

Bahkan esok hari (16/7/19) peserta forum diajak untuk _Site Visit_ ke PLTU Simpang Belimbing dan PLTU Bukit Asam.

Menurut beliau, pihaknya akan mengoptimalkan mesin di pembangkit untuk dapat beroperasi lebih andal dan lebih efisien.

"Mesin mesin pembangkit kita ada yang menggunakan minyak, gas, batubara, air dan lainnya. Tentunya pembangkit berbahan bakar batubara dan juga pembangkit hydro (air) merupakan pembangkit paling efisien dibanding lainnya," kata dia.

"Nanti hasil diskusi ini akan diimplementasikan agar bisa diterapkan di setiap pembangkit dan tentunya akan kita evalausi kembali terhadap hasil yg sudah di impletasi tersebut untuk perbaikan yg berkelanjutan," tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini Executive Vice President Operasi Sumatera, Bpk Supriyadi dan General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan Rachmanoe Indarto

Penulis: Yandi Triansyah
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved