Berita Muba

Melihat Pasangan Pengantin Cilik di Ngulak Sekayu Muba, Penuhi Nafkah Jadi Nelayan di Sungai Musi

Pernikahan dua bocah dibawah umur viral, terjadi di Kelurahan Ngulak Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Melihat Pasangan Pengantin Cilik di Ngulak Sekayu Muba, Penuhi Nafkah Jadi Nelayan di Sungai Musi
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
Pernikahan dua bocah dibawah umur viral, terjadi di Kelurahan Ngulak Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU - Pasca viralnya video pernikahan bocah dibawah umur antara RG (14) warga Kelurahan Ngulak 1 Kecamatan Sanga Desa, dan BM (14) warga Kelurahan Ngulak Kecamatan Sanga Desa Muba, Kamis (11/7/19) lalu, kini keberadaan kedua pasangan unik ini tidak bisa ditemui secara langsung.

Diketahui keduanya menjadi nelayan yang pergi menjaring ikan di Sungai Musi wilayah Kabupaten Muba dan tidak tahu kapan pulangnya.

"Mereka pergi jaring (menangkap ikan) dek, kalau untuk pulangnya tidak menentu. Kalau dapat ikan banyak ya pulang, kalau tidak dapat ikan tidak pulang. Ya, hitung-hitung mencari nafkah untuk istri,"ungkap Fajri, Paman korban ketika ditemui tidak jauh dari rumah mempelai, Sabtu (13/7/19).

Rumah mempelai pasangan bocah RG dan BM yang tampak kosong tidak ada penghuni di Ngulak Kabupaten Muba
Rumah mempelai pasangan bocah RG dan BM yang tampak kosong tidak ada penghuni di Ngulak Kabupaten Muba (SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI)

Jualan Kue, Ternyata Begini Kehidupan Anak Tunggal Kasino Warkop DKI yang Kini Jauh dari Sorotan

Pablo Benua dan Rey Utami Ditahan, Farhat Abbas Sebar Video Fairuz A Rafiq Memaafkan, Malah Diprotes

Lafaz Niat dan Keutamaan Puasa Dzulhijjah, Puasa Arafah dan Puasa Tarwiyah Sebelum Idul Adha

Dijelaskannya, mata pencarian RG saat ini tidak menentu sementara ini ikut adik saya Rici (orang tua RG), menjaring ikan di Sungai Batas Desa Ngunang Kecamatan Sanga Desa.

"Disana ada rompok (Pondok) jadi bisa temalam (menginap) disana, aku raso mereka menginap disana. Kalau sinyal disana susah,"ujarnya.

Mengenai pernikahan yang berlangsung antara RG dan BM kedua keluarga sangat setuju dan tidak ada paksaan sama sekali.

Mereka ini baru bertemu jadi suka sama suka, pihaknya selaku orang tua tidak melarang jika itu kemauan mereka.

"Kalau sudah nikah yo tidak sekolah lagi, mereka itu sudah sama-sama suka tinggal kita selaku orang tua membina keduanya. Jangan sampai dengan usia mereka yang masih muda menjadi masalah, kami orang tua siap membimbing mereka,"tutupnya.

Baru Hubungi Fairuz A Rafiq Pasca Galih Ginanjar Jadi Tahanan, Barbie Kumalasari Dapat Respon Begini

Perilaku Sule Setelah Ditinggal Lina Ini Bikin Khawatir, Sang Anak Sampai Beri Izin Nikah Lagi

Masih SAH Jadi Istri, Nia April Blak-blakan Bongkar Aib Pablo Benua, Terungkap Bukan Anggota DPR!

Sekretaris Lurah Ngulak, Zulhan SIP, mengungkapkan sebelum dilaksanakannya pernikahan secara agama antara RG dan BM, orang tua mempelai perempuan yakni Erwin, 3 hari sebelum pernikahan sempat mengurus berkas NA.

"Orang tua RG datang kepada saya, sebelumya melalui staf adminstrasi karena ada masalah dengan umur sehingga diserahkan dengan saya. Namun setelah di cek tidak bisa karena pada KK kelahrian, mempelai kelahiran tahun 2004,"ungkapnya.

Karena adanya kesalahan itu pihaknya tidak mengeluarkan NA rekomenadasi pernikahan, sedangkan kelangsungan akad nikah di Mushol Nurul Huda, akad nikah secara agama dihadiri cukup banyak menurut informasi. 

Salmafina Akui Jennifer Jill Mami, Sunan Kalijaga Murka hingga Beri Kabar Pilu Soal Ibu Kandungnya

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, Kabar Duka dari Mantan Ketua PMPB Ir H Helman Effendy

Karhutla Samping Pintu Tol Palindra Pemulutan, Habiskan 3 Hektar Lahan

"Secara agama nikah tersebut sah,  namun secara adminstrasi negara tidak sah karena belum cukup umur. Penikahan seperti ini dulu pernah terjadi, semakin kesini baru terjadi satu kali ini.

Pernikahan yang dilakukan keduanya dilakukan suka sama suka, menurut kami pernikahan ini sangat tidak wajar. Kedepan jika terjadinya hal seperti ini, kita akan melakukan nasihat agat menuruti sesuai peraturan,"jelasnya.

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved