berita Muaraenim

PTBA Akan Segera Bangun Bandar Udara Khusus untuk PTBA Pada Akhir Tahun 2019

Jika tidak aral melintang, PTBA akan segera membangun bandar udara khusus untuk PTBA pada akhir tahun 2019.

PTBA Akan Segera Bangun Bandar Udara Khusus untuk PTBA Pada Akhir Tahun 2019
SRIPOKU.COM/ardani
Rapat : PTBA akan segera membangun bandara udara khusus untuk PTBA pada akhir tahun 2019, Rabu (10/7). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM,---Jika tidak aral melintang, PTBA akan segera membangun bandar udara khusus untuk PTBA pada akhir tahun 2019.

Hal tersebut terungkap pada saat rapat di Pemkab Muaraenim, Rabu (10/7/2019).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Muaraenim Ahmad Yani, Wabup Muaraenim Juarsah, Sekda Muaraenim Hasanudin, perwakilan PTBA yakni Senior Manager Pengelolan Aset Umum dan Balitas Venpri Sagara dan perwakilan kontraktor PT Intireka Karsa Pamurtya Imam. Selain itu, dihadiri pejabat Pemkab Muaraenim dan pihak terkait.

Menurut Venpri, jika seluruh perizinan telah selesai pada bulan Okteber 2019 dan tidak permasalahan, maka akhir tahun 2019 akan segera dilakukan pembangunan yang diperkirakan akhir tahun 2020 bandara udara khusus tersebut sudah bisa beroperasional.

"Kita saat ini masih mengurus izin Amdal di Provinsi Sumsel dan Izin Mendirikan Badara dari pusat," ujarnya.
Bandara Khusus tersebut, lanjut Venpri, akan mempunyai landasan (run way) sepanjang 1700 meter dengan lebar 30 meter.

Lahan Bandara Khusus tersebut terletak di Mahyung tidak jauh dari rumah dinas Bupati Muaraenim. Untuk dana diperkirakan akan menelan dana diatas Rp 100 milyar dan itu sudah disiapkan oleh PTBA. Adapun pesawat yang digunakan adalah jenis ATR 72-600.

"Saat ini sedang menjajaki beberapa calon maskapai yang akan digunakan, sedangkan untuk operator ke Angkasa Pura II," ujarnya.

Sementara itu Bupati Muaraenim Ahmad Yani, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung pembangunan bandara khusus PTBA. Setidaknya, dengan adanya bandara udara khusus tersebut kedepan bisa menjadi transportasi alternatif di Kabupaten Muaraenim selain jalan tol akan mempermudah angkutan orang dan barang yang akhirnya bisa mendukung dunia pariwisata, industri perdagangan dan seluruh sektor serta bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain itu, sambung Yani, pihaknya juga berharap akan bisa menyerap tenaga kerja lokal dibidang tenaga kerja yang bisa dilatih untuk menjadi tenaga profesional.

Saat ini, memang baru menjadi bandara khusus, namun kedepan mudah-mudahan bisa menjadi bandara komersial sehingga bisa digunakan juga oleh pemerintah daerah dan masyarakat.(ari)

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved