Bupati Muba : BPD Harus Bisa Mengentaskan Kemiskinan. Programkan Bedah 2 Rumah Pertahun

Setelah dilantik langsung Oleh Bupati Muba, anggota BPD diminta untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Muba. dan programkan bedah 2 rumah pertah

Bupati Muba : BPD Harus Bisa Mengentaskan Kemiskinan. Programkan Bedah 2 Rumah Pertahun
SRIPOKU.COM/cr13
Bupati Muba H Dodi Reza Alex ketika mengambil sumpah jabatan BPD di Stable Berkuda Sekayu. 

SRIPOKU.COM, SEKAYU --- Setelah dilantik langsung secara langsung oleh Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Dodi Reza Alex, sebanyak 1.441 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang terpilih dari 195 Desa di 15 Kecamatan di Muba diminta untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Muba. Hal itu disampaikan Bupati Muba disela pelantikan anggota BPD di Stable Berkuda Sekayu, Selasa (9/7/19).

"Saya ucapkan kepada BPD yang dilantik pada hari ini selamat, pelantikan ini bukan acara seremoni biasa. Setelah dilantiknya sebagai anggota BPD dapat benar-benar menyampaikan suara dan aspirasi masyarakat desa,"kata Dodi.

Menurut orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini, tugas pertama yang harus dilakukan bangun suasana yang harmonis dengan perangkat desa yang ada, proaktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyatakat. Hubungan yang sinergis serta harmonis dengan aparat kepolisian dan TNI.

"Saya berpesan agar harmonis dengan pemerintahan desa, agar pekerja yang dilaksanakan berjalan dengan lancar. Ada beberapa tugas besar yang harus di pikul, yang pertama bangun desa dengan mengentaskan kemiskinan kembangkan potensi desa sehingga pemerintahan desa menjadi lebih seimbang,"ungkapnya.

Oleh karena itu saya ingin menyampaikan bahwa kedepan tidaklah mudah, fasilitas yang didapatkan juga ada. "Sumber keuangan desa pada tahun 2020 akan mengalami peningkatan, peningkatan dana desa sendiri berasal dari APBN yakni dari pusat. Menurut undang-undang Pemkab Muba melalui APBD untuk mengalokasikan ke dana desa pada tahun 2020 sekitar Rp 250 milyar ke desa,"ungkapnya.

Jadi ada Rp 2 milyar dana desa yang berputar di desa-desa, intinya bisa mengentaskan kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Muba.

"Saya berpesan kepada BPD dan pemerintah desa yang ada diseluruh Muba untuk memprogramkan membedah 2 rumah pertahunnya bagi masyarakat yang tidak mampu, saya kira bisa dengan dana desa Rp 2 milyar pertahunnya. Kalau tidak bisa maka saya tidak cairkan dana desa itu,"tegasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Richard Cahyadi, mengatakan ada sebanyak 1.441 anggota BPD yang berasal dari 195 Desa di 15 Kecamatan di Muba yang telah dilantik. 

"Adapun ketentuan jumlah Anggota BPD di masing-masing desa berdasarkan jumlah penduduk. Jumlah penduduk sampai dengan 1500 jiwa sebanyak lima Anggota BPD, penduduk dengan jumlah 1500 - 2500 jiwa sebanyak tujuh Anggota BPD dan penduduk lebih dari 2500 jiwa berjumlah sembilan Anggota BPD. A

nggota BPD dipilih secara demokratis, dan dilaksanakan oleh panitia yang ditetapkan oleh Kepala Desa, dengan masa jabatan selama Enam tahun terhitung sejak dilantik, dengan tugas BPD yaitu menyelesaikan persoalan yang ada di desa," ungkapnya. (cr13)

===

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved