Berita Musi Banyuasin

Komplotan Pencuri Buah Sawit Perkebunan PTPN VII Kecamatan Sungai Lais Muba tak Berkutik

Komplotan spesialis pencuri buah sawit di wilayah kerja Perkebunan PTPN VII tak berkutik setelah diamankan jajaran Polsek Lais, Rabu (3/7/19)

Komplotan Pencuri Buah Sawit Perkebunan PTPN VII Kecamatan Sungai Lais Muba tak Berkutik
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
Robiansyah dan Sueb, pencuri buah sawit di Perkebunan PTPN VII Sungai Lais Musi Banyuasin saat diamankan di Polsek Sungai Lais, Jumat (5/7/2019). 

Laporan wartawan sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU - Komplotan spesialis pencuri buah sawit yang beraksi di wilayah kerja perkebunan PTPN VII tak berkutik setalah diamankan jajaran Polsek Lais, Rabu (3/7/19).

Dari penangkapan tersebut Anggota Polsek Lais berhasil mengamankan 2 orang pelaku atas nama Robiansyah (32) dan Suep Darmayanto (22) yang melakukan pencurian buah sawit.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian bermula pada Rabu 3 Juli 2019 sekitar pukul 15.11 WIB, di Abdelling I Blok 961 PTPN VII betung Villege IX Desa Teluk kijing III Kecamatan Lais, Muba.

Dimana pada lokasi tersebut telah terjadi pencurian buah kelapa sawit yang dilakukan oleh 6 orang laki–laki, dengan cara pelaku memanen buah kelapa sawit yang masih berada diatas pohon menggunakan alat berupa Eggrek (Sajam untuk memotong/memanen buah sawit).

Peristiwa tersebut diketahui oleh Satgas PTPN VII yang sedang melakukan patroli di area perkebunan dan menemukan beberapa tandan buah sawit berserakan di area kebun, tak jauh dari penemuan buah sawit tersebut, Satgas PTPN VII berhasil mengamankan 1 orang yang mengaku bernama Robiansyah (32) yang berada di TKP, selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Lais.

Diskoperindag Khawatir Pedagang Naikan Harga Dagangannya Lebih Tinggi di Festival Danau Ranau

1000 Voucer Makanan Digratiskan, Wabup Banyuasin Resmikan Food Garden di Pintu Masuk Perkantoran

Whatsapp Bupati dan Sekda Lahat Kena Hack, Si Hacker Memanfaatkannya untuk Minta Uang, Waspadalah!

Aparat kepolisian Polsek Sungai Lais Muba yang menerima informasi tersebut langsung menerjunkan tim untuk melakukan pengembangan kasus tersebut dengan melakukan penyisiran ke sekitar TKP guna mencari pelaku lain yang belum tertangkap.

Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti SE MM, melalui Kapolsek Lais AKP Syafarudin SH mengatakan penangkapan sejumlah 2 orang dari komplotan pencuri buah sawit setelah pihak keamanan PTPN mengamankan salah satu pelaku. Setelah dikembangkan berhasil kembali mengamankan 1 lagi pelaku.

"Pelaku Robiansyah (32) merupakan warga Dusun III Vilage IX Desa Teluk Kijing III Kecamatan Lais, lalu Suep darmayanto (22) warga yang sama. Pelaku Suep Darmayanto kita tangkap saat sedang berada di rumah seorang penandah sawit, namun pada saat pelaku lainnya henda ditangkan dengan inisial U, P, N dan M, mereka berhasil melarikan diri saat personil Polsek Lais melakukan penggerebekan,"kata Syafarudin.

Lanjutnya, sejumlah pelaku yang berhasil melarikan diri identitasnya telah berhasil dikantongi dan masih dalam tahap pengejaran.

“Dari TKP kita mengamankan BB berupa 89 tandan buah sawit ditaksir berat 18.000 kg, sebuah alat Eggrek, kayu segi empat dan sepeda motor milik pelaku yang masih tertinggal di TKP. Selanjutnya terhadap Kedua pelaku berada di Polsek Lais guna Proses penyidikan lebih lanjut dan akan kita terapkan pasal 363 Ayat (1) ke 4 dan ke 5 KUH Pidana dengan ancaman kurungan 7 tahun,"jelasnya. (cr13)

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved