Berita OKUS

Dari OKUS Sumsel, Pepaya California Berbuah Tujuh Ton Sekali Panen

Tingginya permintaan pasar terhadap buah pepaya, menjadi alasan Supri, membudidayakan buah Pepaya

Dari OKUS Sumsel, Pepaya California Berbuah Tujuh Ton Sekali Panen
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
PEPAYA CALIFORNIA--Hasil Panen Buay Pepaya California, di Desa Ruos Kecamatan Buay Rawan OKU Selatan, Minggu (30/6/2019). 

Laporan Wartawan Sripoku.com Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM,MUARADUA--Tingginya permintaan pasar terhadap buah pepaya, menjadi alasan Supri, membudidayakan buah Pepaya disamping menjabat sebagai seorang Kepala Desa Ruos Kecamatan Buay Rawan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Selain itu diungkapkannya, sebagai orang yang hobby bertani ketertarikanyya membudidayakan tanaman pepaya California karena memiliki nilai jual tinggi perawatan ringan dan bibit yang mudah didapat.

"Saya itu hobi bertani, begitu saya tahu ada pepaya jenis California yang laris di pasaran, bibitnya juga banyak dijual di toko pertanian,"Ujar Supri saat disambangi di kediamannya, Minggu (30/6/2019).

Tidak hanya itu, untuk mempelajari tata cara penanaman dan perawatan Supri melihat tutorial lewat media internet dan lapu memcoba melakukan penanaman walaupun hanya sekitar 40 % yang berhasil tumbuh baik dan berbuah.

Menurutnya, membudidayakan Buah Pepaya California cukup menjanjikan walaupun sebagai petani terdapat kendala ynag dihadapi dilapangan.

"Kendala yang dihadapi dalam menanam pepaya California yakni serangan hama dan penyakit. Hama yang menyerang tanaman pepaya California yang sedang dibiakkan membuat pohon, daun dan buah rusak atau busuk yang dilakukan hama Kutu Putih dan Hama Tepung,"ungkap Dia.

Menurutnya, 100 persen tidak tumbuh dari penanaman merupakan hal yang biasa dalak bercocok tanam, awalnya dari 1000 bibit yang saya tanam berhasil tumbuh dengan baik berkisar 400 batang.

Budidaya Pepaya yang ia lakukan baru dapat dipanen kerita pohon pepaya telah berusia empat tahun. Namun setelahnya pepaya dapat dipanen sebanyak 4 kali dalam satu bulan. Dalam satu kali panen setiap pohon pepaya California dapat menghasilkan 2 hingga 3 buah pepaya atau 5 hingga 7 kilogram perbatang dalam sekali panen.

Kini Supri memiliki lahan produktif berkisar 4 hektar dengan 6000 batang pepaya California. Dari 6000 batang tersebut dapat menghasilkan 7 ton buah pepaya dengan harga berkisar Rp 2.500,- sampai Rp 3.000,- per kilogram di pengepul.

"Sekarang sudah mulai kelihatan hasilnya. Sudah lumayan lah,"ucap Supri.

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: Dewi Handayani
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved