Berita OKU Timur

Beberapa Dinding Saluran Irigasi Upper Komering Jebol, Warga Khawatir Pengairan ke Sawah Terganggu

Beberapa dinding irigasi Upper Komering yang merupakan jalur utama yang mengairi seluruh areal persawahan di Kabupaten OKU Timur jebol.

Beberapa Dinding Saluran Irigasi Upper Komering Jebol, Warga Khawatir Pengairan ke Sawah Terganggu
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Dinding saluran irigasi Upper Komering yang jebol dan dikhawatirkan akan menganggu pendistribusian air ke sawah petani. 

Laporan wartawan sripoku.com, Evan Hendra

SRIPOKU.COM, MARTAPURA - Beberapa dinding irigasi Upper Komering yang merupakan jalur utama yang mengairi seluruh areal persawahan di Kabupaten OKU Timur jebol.

Dari pengamatan Minggu (30/6) dinding saluran irigasi yang ada diantara Desa Perjaya dan Desa Pahang Asri jebol di beberapa lokasi.

Meski tidak menyebabkan air terhenti mengairi lahan sawah warga, namun dikhawatirkan akan menganggu debit air dan kelancaran pengairan persawahan warga.

"Sudah lama dindingnya jebol. Tidak menganggu pengairan karena salurannya hanya satu dan tidak menyebabkan airnya menyebar. Namun dikhawatirkan akibat rusaknya saluran irigasi tersebut pendistribusian air ke persawahan berkurang," ungkap Ahmad (34) warga setempat.

Dinas Pekerjaan Umum OKU Selatan Gelontorkan Dana Rp 44 M untuk Pembangunan Infrastruktur Jalan

5 Kali Menggelapkan Kendaraan, Aksi Agus Justru Terhenti karena Menggelapkan Motor Ayah Angkatnya

Aksi Premanisme Kelompok Ateng di Muba, Supir Truk Diminta Uang Rp 50 Ribu Jika tak Sesuai Dipukul

Menurut Ahmad, perbaikan total saluran irigasi tersebut sudah pernah dilakukan beberapa tahun lalu, kemungkinan perbaikan akan kembali dilakukan beberapa tahun kedepan.

Biasanya kata dia, perbaikan saluran irigasi secara total akan menyebabkan pengairan lahan persawahan terganggu karena adanya penutupan total.

"Kalau saluran induk dilakukan perbaikan atau pemeliharaan, seluruh pengairan ditutup total dan hanya dilakukan pengairan bertahap dan sebagian besar hal itu menganggu masyarakat terutama mereka yang mengandalkan aliran irigasi untuk perikanan," jelasnya.

Sedangkan Dwi warga Belitang mengatakan, saat ini sejumlah dinding saluran irigasi yang ada di Kabupaten OKU Timur banyak yang mengalami kerusakan di bagian dinding irigasi.

Meski tidak menyebabkan terhentinya pengairan, namun jebolnya saluran irigasi tersebut membuat petani khawatir pendistribusian air mengalami penurunan.

"Mudah-mudahan segera ada perbaikan dari pihak balai sehingga kerusakannya tidak bertambah parah," katanya.

Penulis: Evan Hendra
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved