Berita OKU

Bantuan Dana Parpol OKU Diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI

Dana bantuan partai politik dari pemerintah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI setiap tahunnya.

Bantuan Dana Parpol OKU Diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI
SRIPOKU.COM/LENI JUWITA
Kaban Kesbangpol OKU Taufiq Zubir SH MM menyerahkan hasil audit BPK RI terhadap Dana Bantuan kepada perwakilan Parpol yang duduk di DPRD OKU. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Leni Juwita

SRIPOKU.COM, BATURAJA-- Dana bantuan partai politik dari pemerintah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI setiap tahunnya.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten OKU Taufiq Zubir SH MM saat menyerahkan hasil audit Dana Parpol Tahun 2018 kepada partai politik yang duduk di DPRD OKU.

Kaban Kesbangpol OKU menegaskan, BPK RI yang memeriksa Laporan Pertanggungjawaban dana parpol sangat ketat karena menggunakan kas dari APBD.

“Berapapun dana yang masuk dan keluar dari kas parpol, sampai nominal kecil itu harus diperiksa," kata Taufiq seraya menjelaskan sebanyak 12 parpol di OKU yang menerima kucuran bantuan dana oleh pemerintah.

Kaban Kesbangpol OKU mengatakan, pelaporan bantuan dana parpol telah diatur secara jelas dalam Permendagri Nomor 36 tahun 2018 yang mengatur tentang tata cara perhitungan, penganggaran dalam APBD dan tertib administrasi pengajuan, penyaluran, dan laporan pertanggung-jawaban penggunaan bantuan keuangan parpol.

Selain itu juga harus berpedoman pada Surat Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Nomor 213/074/Polpum tertanggal 7 Januari 2019.

Laporan pertanggungjawabannya meliputi rekapitulasi realisasi penerimaan dan belanja bantuan keuangan parpol serta rincian realisasi belanja dana bantuan keuangan parpol per kegiatan.

Taufiq yang didampingi Kabid Politik Asmawati SE menjelaskan bahwa per-tanggal 31 Januari, LPJ parpol diperiksa oleh BPK, dalam waktu 3 bulan otoritas BPK untuk mengaudit.

Bila saat mengaudit BPK menemukan catatan atau permasalahan yang tidak sesuai dengan peruntukannya, maka parpol diminta untuk memperbaikinya.

Halaman
123
Penulis: Leni Juwita
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved