Berita Lahat

Warga Pertanyakan Transparansi Pemakaian Dana Desa Pagar Agung Kecamatan Pseksu Kabupaten Lahat

Warga Desa Pagar Agung, Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat, Nerwinsyah dan Agus mempertanyakan aliran dana desa (DD).

Warga Pertanyakan Transparansi Pemakaian Dana Desa Pagar Agung Kecamatan Pseksu Kabupaten Lahat
SRIPOKU.COM/EHDI AMIN
Inilah bangunan yang baru berupa pondasi dikira warga untuk membangun kantor desa yang diduga menggunakan dana desa termin pertama tahun 2019. 

Laporan wartawan sripoku.com, Ehdi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT - Warga Desa Pagar Agung, Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat, Nerwinsyah dan Agus mempertanyakan aliran dana desa (DD) yang didapat Desa Pagar Agung, Kecamatan Pseksu-Lahat.

Pasalnya, kedua warga yang juga mewakili warga lainya ini mengaku tidak adanya transparansi dan kejalasan terhadap alokasi DD tahun 2019.

Diceritakan Nerwinsyah, Desa Pagar Agung sendiri mendapat kucuran DD Rp1 miliar lebih dan sudah cair di termin pertama sebesar Rp200 juta. Namun, sesalnya hingga kini warga tidak tahu kemana peruntukan DD tersebut sementara, saat ini (Juni 2019) sudah akan masuk pencairan DD termin kedua.

"Warga banyak mempertanyakan kemana uang tersebut,"ujarnya, Selasa (25/6).

Dilanjutkan Nerwinsyah, saat ini memang ada pembangunan yang diketahui warga akan dibangun untuk kantor desa.

Namun, terangnya bangunan tersebut baru tahap pondasi saja. Tak hanya itu, pada bangunan tersebut tidak terdapat papan proyek sehingga tak jelas apa yang akan dibangun.

Anehnya lagi bangunan tersebut tidak melalui musyawarah warga. Tak hanya itu lokasi bangunan berada diatas tempat pemakaman umum (TPU) desa.

"Sekarang stop pembangunannya. Jika itu dibangun untuk kantor desa jelas tidak sesuai dengan usul warga saat Musyawarah desa. Warga mengusulkan adanya pemberatasan hama, bangun pagar makam, membangun Tebat (Kolam) serame. Intinya tidak ada untuk bangun kantor Desa. Lagi pula di bangun diatas makam apakah sudah ada hibah tanahnya belum, "tanya Agus.

Untuk itu, warga meminta agar Pjs Kades yang kini menjalankan pemerintahan Desa transparan dan menjelaskan kepada warga.

Halaman
12
Penulis: Ehdi Amin
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved