Berita PALI

Sambungan Call Center PSC dari Warga PALI Masih Minim, Klaim Meski Posko Tutup Petugas Tetap Siaga

Program PSC sendiri bertujuan untuk membantu penanganan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan

Sambungan Call Center PSC dari Warga PALI Masih Minim, Klaim Meski Posko Tutup Petugas Tetap Siaga
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Posko layanan PSC di terminal Pendopo Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI nampak tutup dan digembok dari luar. 

Laporan wartawan sripoku.com, Reigan Riangga

SRIPOKU.COM, PALI -- Dinas Kesehatan Kabupaten PALI (Penukal Abab Lematang Ilir) telah membentuk tim Public Safety Center ( PSC ) untuk layanan cepat tanggap darurat kesehatan yang merupakan program dari pemerintah pusat, Rabu (25/6/2019).

Khusus Bumi Serapat Serasan, posko sementara PSC berada di Terminal Pendopo Kecamatan Talang Ubi PALI. 

Program PSC sendiri bertujuan untuk membantu penanganan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan, tetapi juga dalam situasi kritis. 

Masyarakat PALI yang membutuhkan layanan darurat bisa mengakses dengan menghubungi PSC 119 call center 0811 7833 119 yang siaga selama 24 jam penuh. 

"Sementara ini sambungan dari layanan call centre PSC baru sedikit masyarakat yang menghubungi. Hanya ada beberapa contoh kasus saja sejak Bulan Maret 2019 lalu," ungkap Koordinator PSC Kabupaten PALI, dr Zamir, Rabu. 

Menurut dr Zamir, layanan call centre PSC langsung bisa disambungkan dengan Dinas Kesehatan PALI, sehingga jika ada warga membutuhkan bantuan darurat yang jelas, tim terdekat dari daerah bersangkutan langsung sigap. 

BREAKING NEWS : Kecelakaan Maut di Areal Tambang Batubara di Lahat, Dua Sopir Truk Batubara Tewas

Pencuri Kabel Ini Buat Timsus Anti Bandit (Tekab) 134 Poresta Palembang Kewalahan, Ini Kronologisnya

Muaraenim Jadi Tuan Rumah O2SN SMK , Ini Tujuan Dilaksanakan Olimpiade Olahraga Siswa

"Jadi, meski posko kita tutup, namun layanan tetap aktif dan siaga. Petugas juga selalu stanby di Kantor Dinas Kesehatan," jelas dr Zamir.

Selain itu, tidak hanya bersiga menunggu layanan call centre, Tim PSC juga selalu dilibatkan dalam setiap ada kegiatan di dalam Kabupaten PALI. 

Sementara itu, Kasi Yankes Primer Dinkes PALI, Ernawati M.kes mengklaim meskipun posko PSC di terminal Talang Ubi tidak dibuka, namun layanan call center tetap aktif. 

Menurut dia, di Posko PSC bukan tempat pengobatan, melainkan tim yang terdiri dari Dokter, Bidan dan 3 perawat serta satu driver yang stay menunggu layanan PSC di call centre 119.

"Intinya PSC 119 tindakan kedaruratan ada panggilan dari call center yang jelas, maka tim langsung berangkat ke tujuan," jelasnya. 

Sementara ini, pihaknya masih menyusun jadwal piket yang akan bertugas stay di Posko PSC. 

"Kita stanby terus di Dinkes meski posko tutup. Jadi jika ada yang membutuhkan kedaruratan kita sidah bisa langsung meluncur," jelas dia.

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved