Sosialisasi ProKlim Kab OKUS Libatkan 7 Kades dan 7 Lurah di Tiap Kecamatan

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai perubahan iklim melalui pelaksanaan ProKlim dan mendorong masyarakat untuk be

Sosialisasi ProKlim  Kab OKUS Libatkan 7 Kades dan 7 Lurah di Tiap Kecamatan
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Sosialisasi ProKlim Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Libatkan 7 Kades dan 7 Lurah di Tiap Kecamatan 

Laporan Wartawan Sripoku.com Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM ,MUARADUA -- Sosialisasi Program Kampung Iklim Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan melalui Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kabupaten OKU Selatan ini, di Aula Pemkab, Rabu (19/6/2019).

Sebanyak 140 orang terdiri dari 7 orang Kepala Desa dan 7 orang lurah disetiap Kecamatan meliputi 19 Kecamatan se- Kabupaten OKU Selatan.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai perubahan iklim melalui pelaksanaan ProKlim dan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam ProKlim.

Diketahui, Program Kampung Iklim (Proklim) merupakan program berlingkup Nasional yang dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Program Kampung iklim yang telah diluncurkan sebagai gerakan nasional pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas oleh menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Tanggal 1 Desember 2016. Proklim yang telah dilaksanakan sejak tahun 2012, bertransformasi dari memberikan apresiasi terhadap wilayah administratif paling rendah setingkat RW/dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan/desa.

Sosialisasi program kampung iklim guna menumbuhkankan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan, yang nantinya bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri. Seperti menjaga hutan agar tidak terjadi longsor dikala hujan dan mencegah kebakaran hutan.

Ketua pelaksana kegiatan Permiadi Haikal, S.E.,M.M. dalam sambutannya berharap agar para peserta dapat mengikuti kegiatan sosialisasi program kampung iklim ini dengan baik, dan mampu menerapkannya di lingkungan desa masing-masing.

"Ini sangat bermanfaat untuk menjaga lingkungan, kita harapkan peserta dapat mengikuti dengan baik,"terang Permiadi..

Ketua pelaksana kegiatan Permiadi Haikal, S.E.,M.M. dalam sambutannya berharap agar para peserta dapat mengikuti kegiatan sosialisasi program kampung iklim ini dengan baik, dan mampu menerapkannya di lingkungan desa masing-masing.
Ketua pelaksana kegiatan Permiadi Haikal, S.E.,M.M. dalam sambutannya berharap agar para peserta dapat mengikuti kegiatan sosialisasi program kampung iklim ini dengan baik, dan mampu menerapkannya di lingkungan desa masing-masing. (SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH)

Dalam sambutan Bupati yang disampaikan langsung oleh Asisten I, bahwasannya melalui pelaksanaan ProKlim, Pemerintah memberikan penghargaan terhadap masyarakat di lokasi tertentu yang telah melaksanakan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan.

Disampaikannya Pelaksanaan Proklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 19/2012 tentang Program Kampung Iklim.

Sebagaimana Permen 84/MENLHK-SETJEN/KUM.1/11/2016 tentang Program Kampung Iklim yang terfokus pada pasa 10 mengenai kategori Proklim terdiri dari 4 tahap yaitu, Pratama, Madya, Utama dan Lestari. 
"Masyarakat hendaknya menyadari bahwa proklim sudah merupakan kebutuhan dalam menghadapi persoalan abrasi dan longsor di wilayah rawan bencana," ujar Asisten I Jony Rafles,AP.,M.Si.

Tentunya dukungan partisipasi masyarakat dan OPD serta mitra pembangunan terkait harus ikut terlibat secara langsung kerena program ini merupakan program integrasi dari berbagai bidang/aspek pembangunan masyarakat, dan kita harus merawat bumi.

Hadir dalam kesempatan ini sebagai fasilitator yakni narasumber sosialisasi dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU Selatan dan Lembaga Lingkungan Hidup Kabupaten OKU Selatan.

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved