Ingin Lihat Wajah Tempo Dulu Jakarta? Sambangi 5 Tempat Ini

Sabtu 22 Juni 2019 Jakarta memperingati HUT-nya yang ke-492. Saat ini Jakarta telah menjadi kota metropolitan yang sarat akan pembangunan yang masiv s

SRIPOKU.COM, JAKARTA – Sabtu 22 Juni 2019 Jakarta memperingati Hari Ulang Tahun (HUT)-nya yang ke-492. Saat ini Jakarta telah menjadi kota metropolitan yang sarat akan pembangunan yang masiv serta kecanggihan teknologi.

Namun wajah tempo dulu Jakarta tak begitu saja dibiarkan musnah. Ada sudut-sudut Jakarta yang masih dipertahankan kondisinya seperti puluhan tahun yang lalu. Di lokasi-lokasi ini kamu dapat belajar sejarah sekaligus menikmati ambience Batavia.

HUT Jakarta, Inilah Wisata Pantai Zaman Dulu di Jakarta

Sambut Libur Lebaran dan HUT Jakarta, Ancol Siapkan 4 Acara Ini

Berikut Kompas Travel merangkum daftar lima lokasi yang dapat kamu kunjungi untuk melihat wajah Jakarta tempo dulu.

Suasana Kawasan Wisata Kota Tua, Jakarta Barat, Sabtu (8/6/2109)
Suasana Kawasan Wisata Kota Tua, Jakarta Barat, Sabtu (8/6/2109). (Walda Marison)

1. Kota Tua, Jakarta Barat

Kawasan yangpatut kamu kunjungi adalah Kota Tua yang terletak di Tamansari, Jakarta Barat. Pada masa lalu kawasan ini merupakan pusat pemerintahan Batavia dengan sebutan Kota Lama Benedenstad.

Di kawasan Kota Tua Jakarta, kamu bisa mengunjungi beberapa gedung peninggalan Belanda yang sekarang dialihfungsikan menjadi museum. Seperti Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Bahari, dan Pelabuhan Sunda Kelapa. 

Tak hanya dapat menikmati arsitektur khas Belanda, di sini kamu dapat melakukan banyak aktifitas menarik, seperti berkeliling gang dengan sepeda onthel, membeli berbagai kuliner khas Betawi, hingga berfoto dengan latar bangunan-bangunan tua yang instagaramable.

Aksi para seniman Teater Koma dalam pementasan lakon berjudul Warisan yang merupakan produksi ke-149 di Gedung Kesenian Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2017). Lakon Warisan bercerita tentang Panti Wredha yang menjadi kebanggan kota, dimana kaum tua dan terlantar ditampung di panti serta menyinggung soal korupsi dan utang.
Aksi para seniman Teater Koma dalam pementasan lakon berjudul Warisan yang merupakan produksi ke-149 di Gedung Kesenian Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2017). Lakon Warisan bercerita tentang Panti Wredha yang menjadi kebanggan kota, dimana kaum tua dan terlantar ditampung di panti serta menyinggung soal korupsi dan utang. (KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

2. Weltevreden, Jakarta Pusat

Wilayah Kawasan Weltervreden merujuk pada seluruh kawasan di Jakarta Pusat yang pusatnya ada di Menteng. Menurut sejarah, pusat pemerintahan Batavia yang sebelumnya terletak di Kota Tua dipindah ke wilayah ini karena alasan tata kota yang buruk dan merebaknya wabah penyakit di kota lama. 

Di Jakarta Pusat kamu bisa mengunjungi beberapa bangunan bersejarah seperti Gedung Kesenian Jakarta, Museum Kebangkitan Nasional, Rumah Raden Saleh, dan masih banyak lagi. 

Kondisi Stasiun Jatinegara pada Senin (15/4/2019).
Kondisi Stasiun Jatinegara pada Senin (15/4/2019). (KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)
Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved