INilah 7 Tanda yang Muncul Jika Kamu Jarang Olahraga, dari Selalu Lelah hingga Seperti Sulit Tidur

Jika kita tidak olahraga, tubuh yang akan memintanya sendiri. Tubuh akan memberikan berbagai macam tanda agar kita segera bergerak. Apa

INilah 7 Tanda yang Muncul Jika Kamu Jarang Olahraga, dari Selalu Lelah hingga Seperti Sulit Tidur
SRIPOKU.COM/ANTON
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM - Olahraga adalah kebutuhan. Memulai gaya hidup sehat itu susah-susah gampang, salah satunya rutin olahraga.

Jika kita tidak memenuhi kebutuhan ini, tubuh yang akan memintanya sendiri. Tubuh akan memberikan berbagai macam tanda agar kita segera bergerak.

Bos Gampang Marah Karena Jarang Olahraga

Ikuti 5 Cara Motivasi Ini Agar Tak Malas Olahraga Pagi, No 2 Sangat Mudah Dilaksanakan!

Apa saja tanda kurang olahraga yang diberikan tubuh? Ini ulasannya.

1. Selalu lelah
Jika kamu merasa lelah sepanjang waktu, meski sudah makan dan tidur yang cukup, mungkin yang kamu butuhkan adalah olahraga.

Merasa selalu lelah kok malah butuh olahraga? Apa tidak salah? Tenang dulu. Sebuah penelitian dari University of Georgia menunjukan bahwa hanya berjalan 20 menit dan latihan aerobik intensitas sedang sebanyak 3 kali seminggu dengan rutin bisa meningkatkan energi hingga 20 persen.

Para peneliti mengatakan, temuan ini menunjukan bahwa olahraga yang teratur akan berpengaruh langsung pada sistem saraf pusat untuk memerangi kelelahan bahkan bisa sebanyak 65 persen

Olahraga yang teratur meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular, yang memungkinkan kita memiliki daya tahan lebih besar sepanjang hari. Ketika kita lebih mudah melakukan aktivitas sehari-hari, kita akan memiliki sisa energi lebih banyak dan tidak mudah merasa lelah.

Ternyata, semakin sering berolahraga membuat mitokondria (bagian yang memproduksi energi dalam sel) semakin banyak. Ini artinya, tubuh akan memiliki cadangan energi yang kian banyak juga, sehingga tak cepat lelah.

2. Badan terasa pegal-pegal
Pernahkah kamu merasa saat bangun di pagi hari, tiba-tiba punggung belakang, lutut, atau bahu terasa sakit? Padahal tidak habis melakukan aktivitas yang berat. Nah jika ya, ini juga bisa jadi tanda kurang olahraga.

Terkadang rasa pegal-pegal ini membuat orang menunda untuk berolahraga. Padahal sebaliknya, ketika ini terjadi tubuh memberikan sinyal untuk digerakkan.

Halaman
123
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved