Berita Musirawas

Desa Kebur Musirawas Jadi Exit Tol Jalur Indralaya-Bengkulu

Pembangunan jalan tol ruas Indralaya - Bengkulu dan rencananya Exit Tol akan dibangun di Desa Kebur Jala Kecamatan TP Kepungut

Desa Kebur Musirawas Jadi Exit Tol Jalur Indralaya-Bengkulu
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
H Aidil Rusman, Kepala Dinas PU Bina Marga Musirawas. 

Laporan Wartawan sripoku.com, Ahmad Fahrozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS-- Pembangunan jalan tol ruas Indralaya - Bengkulu yang melewati 11 desa pada tiga kecamatan di Kabupaten Musirawas dan rencananya Exit Tol akan dibangun di desa Kebur Jala Kecamatan TP Kepungut.

Yaitu Desa Sungai Bunut, Mekar Jaya, Gunung Kembang Lama, Gunung Kembang Baru dan Desa Kembang Tanjung di Kecamatan BTS Ulu. Selanjutnya adalah Desa Kebur Jaya, Lubuk Besar, Batu Bandung, Kebur dan Desa Muara Kati Lama Kecamatan TP Kepungut.

Sedangkan di Kecamatan Muara Beliti, ruas jalan tol melewati Desa Durian Remuk. Ruas jalan tol ruas Indralaya - Bengkulu ini 232,5 km dan 36,7 km diantaranya melintasi wilayah Kabupaten Musirawas.

Direncanakan, Kabupaten Musirawas akan menjadi salah satu titik pembuatan simpang susun atau exit tol, yaitu di Desa Kebur Jaya Kecamatan TP Kepungut.

"Rencananya exit tol akan dibangun di Desa Kebur. Namun kita juga mengusulkan agar ada exit tol tambahan, yaitu di Desa Durian Remuk Kecamatan Muarabeliti," kata Kepala Dinas PU Bina Marga, H Aidil Rusman, kepada Sripoku.com, Jumat (21/6/2019).

Usulan yang sudah diajukan untuk penambahan exit tol di Durian Remuk menurut H Aidil Rusman cukup strategis. Mengingat dilokasi tersebut kondisi lebar jalannya sangat memungkinkan yaitu 12 meter.

Selain itu, letak geografis Durian Remuk juga sangat strategis untuk mendukung rencana Pemkab Musirawas membangun sarana peti kemas diwilayah tersebut.

"Durian Remuk sangat memenuhi syarat dan memungkinkan untuk dibangun exit tol. Usulan kita ini mendapat respon cukup positif dari tim pembangunan jalan tol dan mudah-mudahan bisa terwujud. Namun untuk tahap awal sesuai konsep, dahulukan dulu pembangunan exit tol di Kebur," ujarnya.

Ditambahkan, adanya exit tol diwilayah Musirawas ini tentunya akan berdampak positif bagi perkembangan perekonomian. Sebab, disekitar exit tol nantinya akan terjadi pertumbuhan ekonomi. Karena itu, pihaknya sangat berharap agar rencana atau usulan untuk pembangunan exit tol tambahan di Durian Remuk dapat terwujud.

Bupati Musirawas H Hendra Gunawan saat memimpin audiensi dengan Direksi PT Utama Karya membahas permohonan izin survey penyelidikan tanah dan identifikasi kepemilikan lahan pada rencana jalan tol ruas Simpang Indralaya - Muara Enim - Musirawas - Lubuklinggau - Bengkulu, di Pemkab Musirawas pada Kamis (20/6/2019) menyatakan, pihaknya menyambut baik adanya pembangunan jalan tol ini dan siap mendukung percepatan pelaksanaan tahapan dalam pengerjaannya.

Menurutnya, dengan adanya jalan tol, tentunya akan memberikan manfaat kepada masyarakat. Bukan hanya dalam aspek teknis jalan yang bagus. Tapi juga memberikan manfaat dalam banyak hal, baik ekonomi, sosial dan budaya.

Apalagi dalam konsep pembangunannya, wilayah Kabupaten Musirawas akan menjadi salah satu titik pembuatan simpang susun atau exit tol, yaitu di Desa Kebur Jaya Kecamatan TP Kepungut.

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Dewi Handayani
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved