Terkendala Dana Pembangunan Akses Jalan TPA Sampah Terhenti

-Belum beroperasi, terkendala belum selesainya Pembangunan ruas jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Desa Pelawi Kecamatan Buay Rawan

Terkendala Dana Pembangunan Akses Jalan TPA Sampah Terhenti
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Pembukaan jalan menuju lokasi TPA Sampah, Desa Pelawi Kecamatan Buay Rawan, Selasa(18/6/2019). 

Laporan Wartawan Sripoku.com Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM,MUARADUA--Belum beroperasi, terkendala belum selesainya Pembangunan ruas jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Desa Pelawi Kecamatan Buay Rawan masih membutuhkan dana puluhan Milyar.

Pembangunan jalan telah dilakukan tiga kali pembangunan Pada pembangunan ketiga, pada Tahun 2015 dan 2017 dan 2018. Terakhir lanjutan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan menggelontorkan dana senilai Rp 4.9 Milyar di tahun 2018 melalui APBD.

Di Konfirmasi Sripoku.com kepada Kepalad Dinas PUPR OKU Selatan Kabid  Binamarga Armada melalui Petugas Pembuat Komitmen (PPK) Ecca Orgita, ST mengatakan penyelesaian Pembangunan Jalan terakhir, membutuhkan gelontoran yang tidak sedikit.

"Pembangunan tahun 2018, kita gelontorkan dana APBD berkisar Rp 5 Milyar, sedangkan pada perencanaan 2018 lalu membutuhkan total dana Rp 29 Milyar agar rampung,"terang Kabid Binarmarha Armada Sazuli, ST melalui PPK Ecca Orgita ST, di Konfirmasi Sripoku.com, Selasa (18/6/2019).

Di ungkapkan Ecca, Untuk penyelesaian pembangunan tersebut, tahun lalu Pemkab OKU Selatan telah melakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR untuk menunjang pendanaan akses jalan namun belum mendapat informasi lanjutan
"Sudah 2 kali mereka tinjau, namun hingga sekarang belum ada informasi lanjutan terkait kepastian perbantuan dana,"terang PPK Ecca.

Dikatakannya, Jalan yang belum dilakukan pembangunan sepanjang 150 meter dari total keseluruhan 670 meter, namun dengan medan membelah berbukitan agar alayak dilintask kendaraan seperti truk pengangkut sampah. 
"Yang belum dilakukan pembangunan 150 meter, namun perlu dilakukan pengerukan dan talut,"kata Dia.

Terkait besarnya anggaran dana yang diperlukan, ditahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten OKU Selatan tidak menganggarkan untuk pembangunan lanjutan.
"Untuk tahun ini tidak ada, tapi untuk tahum depan tahun 2020, kemungkinan kembali dianggarkan APBD,"pungkas Ecca.

Pantauan di lokasi, untuk menuju kelokasi pembangunan TPA melewati perbukitan yang perlu dilakukan pengerukan agar dapat dilakukan pembangunan jalan.

Bahan dasar tanah yang berupa tanah kapur yang mudah mengalami longsor serta sebagian terdapat tanah berupa batu napal

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved