Advetorial

Siswa ATU dan APHP SMK-PP Negeri Sembawa Laksanakan Ujian PKL

Siswa ATU dan APHP telah siap untuk ujian praktik kerja lapangan (PKL), Jumat (14/6).

Siswa ATU dan APHP SMK-PP Negeri Sembawa Laksanakan Ujian PKL
Dok Humas Sembawa
UJIAN PKL--Siswa ATU dan APHP telah siap untuk ujian praktik kerja lapangan (PKL) 

SRIPOKU.COM,PALEMBANG-- Siswa SMK Pembangunan Pertanian (PP) Negeri Sembawa dari jurusan ATU dan APHP telah siap untuk ujian praktik kerja lapangan (PKL). Ujian PKL merupakan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa kelas XI, apabila siswa lulus dalam ujian PKL barulah dapat dinyatakan kompeten di bidang program studinya masing-masing.

Selama satu bulan sebelum ujian PKL berlangsung siswa membuat laporan PKL dengan dibimbing oleh guru yang memupuni dalam bidang keilmuan masing-masing, setelah laporan siswa disetujui barulah siswa dapat mengikuti ujian PKL.

Antusiasme siswa ujian PKL sudah nampak sejak pagi hari, siswa sejak pagi buta sudah siap menunggu di depan ruangan masing-masing, dimana nantinya siswa secara satu persatu masuk keruangan untuk diujikan kompetensi mereka. "Kami sudah belajar dengan tekun dan siap untuk ujian PKL," ujar Shepia siswa prodi ATU.

Mattobi'i selaku Kepala Sekolah menyampaikan melalui ujian PKL siswa dapat belajar melaporkan bagaimana kegiatan dilapangan, kendala yang dihadapi, teknik produksi serta analisa usaha yang terdapat pada dunia usaha dan dunia industri, sehingga semua siswa diharapkan kompeten dalam bidangnya masing-masing.

"Saya harapkan semua siswa yang ikut PKL tergolong kompetensi dan siap melanjutkan pendidikan," tandasnya.

Sebelumnya siswa prodi ATPH melaksanakan PKL di BPP Kecamatan Sumber Harta Musi Rawas dan Kelompok Tani Desa Karang jaya Curup Bengkulu. Sedangkan Prodi ATP melaksanakan PKL di PT Sampoerna Agro, PTPN VII Betung Krawo, PTPN VII Bekri Lampung, PT Wanapotensi GUna, Balai Penelitian Sembawa, PT Pinago Utama dan PT Melania Indonesia.

Kini pada puncaknya, Jumat (14/06/2019), lalu telah dilaksanakan ujian laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi siswa-siswi kelas XI jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) dengan jumlah siswa 61 siswa dan diuji oleh 7 Guru Produktif. Selain itu Program Studi Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) dengan jumlah siswa 91 siswa dan diuji oleh 13 Guru Produktif.

Sebagai syarat kenaikan kelas tentunya siswa-siswi harus melaporkan kegiatan Praktik mereka selama di lokasi PKL dalam bentuk laporan serta mempertanggungjawabkan laporan mereka masing-masing di depan guru penguji.

"Semoga perjuangan siswa-siswi SMK PP Negeri Sembawa dapat membuahkan hasil yang memuaska," katanya. (adv)

===

Editor: Dewi Handayani
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved