Sediakan Pelayanan Informasi Publik Berkaitan Dengan Keuangan , BI Sediakan Layanan Bicara 131

"Layanan BICARA adalah layanan telepon yang bisa diakses masyarakat selama hari kerja dari pukul 08.00-16.00 WIB," kata Kepala Perwakilan Kantor BI Su

Sediakan Pelayanan Informasi Publik Berkaitan Dengan Keuangan , BI Sediakan Layanan Bicara 131
SRIPOKU.COM/MG3
Kepala Perwakilan Kantor BI Sumsel, Yunita Resmi Sari menggunakan layanan BICARA 131 yang ada di Kantor BI Sumsel, Minggu (16/6/2019). 

Laporan wartawan Sripoku.com ,Jati Purwanti 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Masyarakat umum termasuk di Sumsel yang ingin mendapatkan data tentang perkembangan ekonomi terkini maupun isu lainnya yang berkaitan dengan keuangan dapat mengakses Layanan Informasi Publik (LIP) yang disediakan oleh Bank Indonesia.

Layanan tersebut salah satunya yaitu Contact Center BI yang dikenal dengan BICARA (BI CAll and InteRAction), terdiri dari Call Center BICARA 131 dengan ketentuan pulsa lokal dan Visitor Center.

"Layanan BICARA adalah layanan telepon yang bisa diakses masyarakat selama hari kerja dari pukul 08.00-16.00 WIB," kata Kepala Perwakilan Kantor BI Sumsel, Yunita Resmi Sari, Minggu (16/6/2019).

Di Sumsel sendiri diakui Yunita memang layanan tersebut kurang banyak diketahui masyarakat sehingga ke depannya akan lebih digencarkan lagi sosialisasinya oleh bank sentral.

Padahal, jelas dia, layanan BICARA sudah lama ada yakni sejak 2014 lalu dan akan sangat berguna sekali bila dimanfaatkan oleh masyarakat.

Melalui layanan tersebut masyarakat bisa mendapatkan informasi terbaru di dunia keuangan dan kebijakan atau yang dikeluarkan oleh BI.

"Misalnya ada isu kartu debit ATM yang sudah tidak bisa dipakai lagi, ada isu ketentuan yang baru uang kertas dan sebagainya bisa ditanyakan. Current issue. Nantinya yang akan menjawab ini dari call center pusat di Jakarta," jelas dia.

Sementara itu, untuk pertanyaan yang sifatnya mendalam seperti suku bunga naik, cadangan devisa, ketentuan devisa dan hasil ekspor dan data yang lebih spesifik lainnya maka pertanyaan bisa disampaikan melalui fasilitas surat elektronik dengan alamat bicara@bi.go.id.

"Bisa juga datang langsung ke kantor perwakilan BI untuk kemudian mendapatkan jawaban. Kami berusaha menjawab sesuai dengan permasalahan atau pengaduan dari masyarakat." ujar Yunita.(mg3)

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved