UTBK Tentukan Peluang Lulus SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Unsri sudah dibuka sejak 10 Juni sampai dengan 24 Juni mendatang. Sistem pendaftaran SBMPTN ini

UTBK Tentukan Peluang Lulus SBMPTN
SRIPOKU.COM/SYAHRUL HIDAYAT
Ilustrasi - Peserta calon ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) Universitas Sriwijaya mengikuti tes hari pertama di SMAN 1, Sabtu (13/4/2019). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Unsri sudah dibuka sejak 10 Juni sampai dengan 24 Juni mendatang. Sistem pendaftaran SBMPTN ini pula dari tahun ke tahun selalu diperbaiki dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

Pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id Dibuka Pukul 13.00 Hari Ini, Berikut Link & Berkas yang Disiapkan

Diumumkan Hari Ini, Link Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2019

Syarat untuk dapat mengikuti SBMPTN adalah menggunakan hasil UTBK lalu. Nilai UTBK calon mahasiswa (cama) itulah yang menentukan peluang diterima atau lulusnya cama baru. “Syarat pendaftaran SBMPTN 2019 ini dengan menggunakan hasil UTBK saja. Dari nilai UTBK ini nanti akan diikutikan proses SBMPTN yang mekanismenya mereka harus mendaftar melalui websitehttp://pendaftaran.sbmptn.ac.id," ujarHumas dan Publikasi Unsri, Prof Zulkifli Dahlan MSi, Kamis (13/6/2019) siang.

Dia juga mengatakan bahwa calon mahasiswa yang tadinya tidak mengikuti SNMPTN atau tidak lulus dan lulusan sebelum tahun 2019 yakni tahun 2017, 2018 harus mengisi biodata terlebih dahulu. Dari biodata ini nanti mengikuti prosedur boleh memilih dua program studi pada masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan satu program studi kalau mereka memilih dua PTN.

Lanjutnya, kalau cama memilih satu PTN, mereka boleh memilih dua program studi maksimum pilihan itu ada dua prodi boleh di dua PTN, boleh di satu PTN. “Setelah pendaftaran itu semua lengkap, maka camaba wajib mencetak kartu peserta. Setelah dicetak nanti yang bersangkutan tinggal menunggu pengumuman yang Insya Allah akan diumumkan pada 9 Juli mendatang, mudah-mudahan tidak mundur malah mungkin akan dipercepat,” ujarnya.

Sementara itu terkait kuota yang diterima Unsri, pihaknya tidak bisa menentukan berapa kuota yang akan diterima, tergantung daya tampung masing-masing program studi. "Dan apabila ada informasi bahwa setiap program studi itu memiliki nilai sekian-sekian itu tidak betul, karena pengumuman resmi itu hanya ada di LTMPT," katanya.

Bagi orangtua dan camaba jangan terpengaruh oleh pengumuman-pengumuman diluar dari panitia pusat. Untuk mengetahui informasi mengenai SBMPTN para camaba dan orangtua bisa saja datang ke kantor panitia pada perguruan tinggi negeri dimana tempat calon mahasiswa baru tersebut mendaftar.

Pelaksanaan SBMPTN tahun ini juga tidak seperti tahun sebelumnya, tahun ini camaba wajib mengikuti tes terlebih dahulu atau mengikuti UTBK dan mendapatkan nilai terlebih dahulu, baru kemudian bisa mendaftar SBMPTN. Setiap calon mahasiswa baru diberi kesempatan dua kali dalam mengikuti tes UTBK. "Yang diambil oleh sistem yakni nilai tes UTBK yang tertinggi jalau camaba tersebut mengikuti UTBK dua kali. Tetapi kalau Camaba tersebut hanya mengikuti tes UTBK hanya sekali ya nilai UTBK itulah yang dipakai,” tutupnya. (ts-elm)

Story Highlights
- Syarat ikut SBMPTN harus menggunakan nilai UTBK
- Bila dua kali ikut UTBK, maka yang diambil nilai UTBK tertinggi
- Cama harus mendapaftar lewat webside http://pendaftaran.sbmptn.ac.id
- Cama yang terpengaruh informasi diluar webside resmi

Tags
UTBK
sbmptn
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved