Berita Daerah

Popo Harapkan Manasik Haji, Dapat Menjadi Bekal Calon Jemaah Haji

Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Popo Ali M.,B.Commerce, harapkan manasik haji dapat menjadi bekal pengetahuan para bagi calon jemaah.

Popo Harapkan Manasik Haji, Dapat Menjadi Bekal Calon Jemaah Haji
SRIPOKU.COM/DOK Kominfo OKUS
Popo Harapkan Manasik Haji, Dapat Menjadi Bekal Caloj Jemaah Haji 

Laporan Wartawan Sripoku.com Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM, MUARADUA--Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Popo Ali M.,B.Commerce, harapkan manasik haji dapat menjadi bekal pengetahuan para bagi calon jemaah.

Pelaksanaan kegiatan Manasik Haji digelar di Masjid Agung Al-Muhtadin ini, dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan H.M.Al Fajri Zabidi,M.M.,M.Pdi. Kamis (13/6/2019).

Diketahui bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten OKU Selatan 1440 Hijriah 2019, diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Selatan, Kamis (13/06/19).

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Bupati OKU Selatan Popo Ali, MB Commerce menyambut langsung KeKanwil Kemenag Provinsi Sumsel di Kabupaten OKU Selatan.

Melalui manasik haji diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi Calon Jama'ah Haji, sehingga terwujudlah kemandirian jama'ah haji yang pada akhirnya akan mengantarkan seluruh Calon Jama'ah Haji (CJH) Kabupaten OKU Selatan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.

Manasik Haji : Pelaksanaan Manasii Haji di Masjid Agung Al-muhtadin OKU Selatan, Kamis (13/6/2019).
Manasik Haji : Pelaksanaan Manasii Haji di Masjid Agung Al-muhtadin OKU Selatan, Kamis (13/6/2019). (SRIPOKU.COM/DOK Kominfo OKUS)

"Tentunya dengan adanya bimbingan manasik haji ini, mampu menjadi sarana dalam mewujudkan Jama'ah Haji yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pelaksanaan ibadah haji," ungkap Popo.

Bupati mengapresiasi kedatangan kekanwil yang memberikan perhatian telah hadir jauh-jauh dari Palembang untuk menyaksikan Bimbingan Manasik Haji di Kabupaten OKU Selatan.

Senada dengan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumatera Selatan, menuturkan Manasik merupakan kewajiban bagi pemerintahan dalam memberikan bimbingan, pelayanan dan perlindungan.

"Kami berpesan kepada seluruh CJH OKU Selatan untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik dan tekun guna memperoleh bekal ilmu pengetahuan tata cara melaksanakan ibadah haji yang narasumbernya merupakan orang-orang yang ahli dibidangnya,” imbuhnya.

Manasik Haji : Pelaksanaan Manasii Haji di Masjid Agung Al-muhtadin OKU Selatan, Kamis (13/6/2019).
Manasik Haji : Pelaksanaan Manasii Haji di Masjid Agung Al-muhtadin OKU Selatan, Kamis (13/6/2019). (SRIPOKU.COM/DOK Kominfo OKUS)

Dituturkannya, kewajiban Pemerintah dalam bimbingan manasik haji sejak dari berangkat sampai kembalinya ketanah air, tertuang dalam Undang-Undang No 13 tahun 2008.

Melalui rangkaian kegitan Manasik Haji Fajri berharap dapat dijadikan menjadi sarana serta momentum dalam mewujudkan jama'ah haji yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pelaksanaan ibadah haji, serta memiliki ahlakul karimah dalam menjalankan ibadah haji.

Selain itu kegiatan manasik dihadiri Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir,SP.,M.Si. Ketua DPRD Kabupaten OKU Selatan Yohana Yudayanti,S.E. Kapolres OKU Selatan, Ketua Pengadilan Agama, Kejaksaan Negeri OKU Selatan, Ketua IPHI, Pimpinan Bank BRI, Bank Sumsel, Para Asisten, Para Kepala OPD, dan 67 Calon Jema'ah Haji OKU Selatan.

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved