Berita OKU Timur

Peternak Unggas di Semendawai Suku III OKU Timur Antisipasi Peralihan Musim, Siapkan Vaksin

Mengatasi serangan penyakit tersebut peternak unggas memberikan vaksin atau obat, sehingga meningkatkan kekebalan unggas.

Peternak Unggas di Semendawai Suku III OKU Timur Antisipasi Peralihan Musim, Siapkan Vaksin
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Suryanto saat memberikan vaksin pada ternak bebeknya. 

Laporan wartawan sripoku.com, Evan Hendra

SRIPOKU.COM, MARTAPURA - Memasuki peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau membuat  ternak unggas seperti bebek dan ayam rawan dari ancaman penyakit yang sewaktu-waktu dapat menyerang.

Untuk mengatasi serangan penyakit tersebut peternak unggas memberikan vaksin atau obat, sehingga meningkatkan kekebalan unggas terhadap serangan penyakit.

"Saya memiliki unggas sebanyak 500 ekor jenis bebek. Dalam kurun waktu tertentu selalu saya berikan vaksin sehingga unggas lebih tahan terhadap serangan penyakit," ungkap Suryanto warga Desa Sukamulya Kecamatan Semendawai Suku III, Jumat (14/6).

Menurutnya, unggas akan menjadi kebal terhadap sejumlah penyakit setelah diberikan vaksin terutama saat pergantian musim.

Kantor Dinas Ketenagakerjaan Empatlawang Diserbu Warga Pencari Kerja untuk Buat Kartu Kuning

Calon Jamaah Haji Asal Kabupaten PALI Dipastikan Masuk Asrama Haji Pada Bulan Juli 2019

Pembunuhan di Showroom Motor Rizky Banyuasin Direkonstruksi, Istri Andina Berteriak Lihat Suaminya

Meskipun ada penyakit hanya beberapa unggas saja yang terkena dan tidak menyebabkan kerugian peternak.

"Karena dipergantian cuaca yang ekstrim terkadang membuat daya tahan tubuh unggas menurun dan mudah terkena penyakit. Jadi harus diberikan obat agar unggas lebih kuat. Jika tidak unggas kita bisa habis," jelasnya.

Dirinya mengaku sudah lima tahun lebih beternak unggas jenis bebek daging sehingga sangat mengetahui apa yang harus dilakukan agar ternak bisa terbebas dari penyakit saat pergantian cuaca.

"Pertamakali berternak bebek hampir 70 persen bebek mati karena tidak divaksin. Maka kini dirinya rutin memberikan vaksin agar bebek tidak mudah sakit dan mati," jelasnya. 

Penulis: Evan Hendra
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved