Berita Muba

Dinas Perhubungan Muba Siapkan Jalur Khusus Bagi Penyandang Disabilitas

Dinas Perhubungan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) telah membuat akses jalur khusus untuk melayani para penyandang disabilitas.

Dinas Perhubungan Muba Siapkan Jalur Khusus Bagi Penyandang Disabilitas
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
Jalur khusus Difabel yang disediakan Dishub Muba. 

Laporan wartawa sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU --Dinas Perhubungan Kabupaten Musi Banyausin (Muba) telah membuat akses jalur khusus untuk melayani para penyandang disabilitas.

Hal ini dilakukan guna memenuhi hak mereka dengan mempermudah para penyandang disabilitas atau kaum difabel dalam mengkases gedung ataupun ruang pelayanan publik.

Kepala dinas perhubungan (Kadishub) Muba, Pathi Riduan mengatakan, pihaknya sudah membuat jalur khusus bagi para penyandang disabilitas untuk mengakses pelayanan publik di Dishub.

"Kita sudah siapakan jalur khusus bagi para penyandang disabilitas agar mereka mudah mendapatkan pelayanan publik " ujarnya, Jumat (14/6).

Menurutnya, meski belum semua fasilitas terpenuhi dalam melayani para penyadang disabilitas, namun pihaknya akan terus berusaha memenuhi kebutuhan fasilitas lainnya.

"Seperti akses atau jalur dan tanda rambu disabilitas semua sudah kita lengkapi. Hanya saja ada beberapa fasilitas yang saat ini tengah dirancang yakni Toilet khusus bagi penyandang disabilitas. Mudah-mudah tahun ini semua fasilitas bisa kita lengkapi demi mewujudkan konvensi penyandang Disabilitas," jelasnya.

Adapun konvensi tersebut yaitu memajukan, melindungi dan menjamin kesamaan hak dan kebebasan yang mendasar bagi semua penyandang disabilitas serta penghormatan terhadap martabat penyandang disabilitas sesuai amanat undang-undang nomor 8 tahun 2016.

Peternak Unggas di Semendawai Suku III OKU Timur Antisipasi Peralihan Musim, Siapkan Vaksin

Kantor Dinas Ketenagakerjaan Empatlawang Diserbu Warga Pencari Kerja untuk Buat Kartu Kuning

Pembunuhan di Showroom Motor Rizky Banyuasin Direkonstruksi, Istri Andina Berteriak Lihat Suaminya

Sementara itu, dari hasil pantauan salah seroang penyandang disabilitas, sudarman mengatakan dirinya sudah menjumpai ada beberapa kantor instansi pemerintah di Pemkab Muba yang sudah ada jalur atau ruangan khusus serta tanda bagi penyandang disabilitas untuk mendaaptkan pelayanan publik.

"Saya pernah terlihat ada dua kantor pelayanan publik yang sudah menyiapakan akses jalur bagi disabilitas. Satu di kantor
Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPM PTSP) dan satu lagi di dinas kependudukan catatan sipil (Dukcapil)," ungkap Sudar.

Melihat sudah adanya beberapa kantor dinas yang sudah memberikan sejumlah fasilitas dan akses bagi para penyandang disabilitas dalam mendapatkan pelayanan publik, dirinya sebagai penyadang disabilitas sangat bersyukur dan memberi apresiasi setinggi tingginnya kepada pejabat tertingi di dinas itu yang telah memeberikan fasilitas tersebut.

"Meski masih belum lengkap semua fasilitas, namun kami sangat berterima kasih hak-hak kami sudah mulai dipenuhi. Ini merupakan bentuk perhatian terhadap kami sebagai penyandang disabilitas. Semoga semua instansi pemerintahan yang lainnya mencontoh dinas yang sudah menyiapakan dan ikut menyediakan sarana prasarana khusus bagi sahabat difabel," pungkasnya. (cr13)

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved