Peluang Gerindra Masuk Koalisi? Jokowi: Sangat Tidak mungkin Kami Membangun Negara Sendirian

Peluang Gerindra Masuk Koalisi? Jokowi: Sangat Tidak mungkin Kami Membangun Negara Sendirian

Peluang Gerindra Masuk Koalisi? Jokowi: Sangat Tidak mungkin Kami Membangun Negara Sendirian
SRIPOKU.COM/ANTON
Live Streaming Debat Capres Ke 4 Jokowi VS Prabowo, Siaran Langsung di Metro TV, SCTV & Indosiar 

SRIPOKU.COM-Meski tidak menyebut secara langsung siapa partai yang disebutkan, namun Presiden Joko Widodo menyatakan, menerima parpol (partai politik) manapun jika ingin masuk koalisi dalam kabinetnya, maka akan diterima, termasuk Parpol Gerindra yang dipimpin Prabowo Subianto.

Sebab bagi Jokowi, tidak mungkin dia membangun negara sendirian, butuh dukungan semua pihak termasuk parpol pesaing seperti Gerindra yang menjadi rival Jokowi dalam Pilpres 2019, karena mengusung Prabowo Subianto.

Pernyataan Jokowi ini disampaikan saat wawancara khusus dengan Jakarta Post, Rabu (11/6/2019) seperti dikutif oleh Kompas.com. Terkait kemungkinan Gerindra masuk dalam koalisi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan, membuka diri bagi siapa saja yang ingin bekerja sama membangun negara.

“Saya terbuka kepada siapa saja yang ingin bekerja sama untuk mengembangkan dan membangun negara bersama,” ujar Jokowi saat ditanya spesifik mengenai kemungkinan masuknya Gerindra ke koalisi pendukung pemerintah.

“Sangat tidak mungkin bagi kami untuk membangun negara sebesar Indonesia sendirian. Kami membutuhkan kerja bersama,” jelasnya.

Posisi Gerindra di DPR periode 2019-2024 relatif kuat. Pada Pileg 2019, Gerindra menempati urutan ketiga parpol yang memperoleh suara terbanyak dengan 17.594.839 suara atau 12,57 persen.

Meski demikian, Jokowi menegaskan, prinsip yang akan dikedepankan adalah musyawarah untuk mufakat sekaligus kontrol yang baik dalam menjalankan pemerintahan.

“Semangat kita tetap musyawarah untuk mufakat. Bagaimanapun, sebuah negara demokrasi besar tetap membutuhkan kontrol, baik dari internal maupun dari eksternal,” ujar Presiden.

Lebih akrab dengan Gerindra Masih dikutip dari Jakarta Post, elite tiga parpol pendukung pemerintah, yakni PDI-P, PKB dan PPP juga telah berbincang mengenai kemungkinan mengundang Gerindra bergabung ke koalisi.

Halaman
12
Editor: Hendra Kusuma
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved