Olahan Kopi Dorong Palembang Jadi Kota Empat Besar Ekonomi Kreatif

Pengolah kopi dari semula hanya dijual mentah dalam bentuk biji kering menjadi kopi seduh mampu membawa Palembang Jadi Kota Empat Besar Ekonomi Kreat

Olahan Kopi Dorong Palembang Jadi Kota Empat Besar Ekonomi Kreatif
TRIBUN SUMSEL/HARTATI
Kopi sokong industri kreatif Palembang kian berkembang 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Hartati

SRIPOKU.COM , PALEMBANG - Pengolah kopi dari semula hanya dijual mentah dalam bentuk biji kering dan kini diolah sendiri menjadi kopi seduh yang tersedia di sejumlah kedai dan cafe mampu membawa Palembang menembus 10 besar kota Ekonomi kreatif di Indonesia.

Kepala Sub Direktorat Pengembangan Kota Kreatif Deputi Insfrastruktur Bekraf, Slamet Aji Pamungkas saat FGD di Palembang mengatakan pengolah kopi dari bahan mentah menjadi bahan jadi inilah telah meningkatkan nilai tambah dan kreativitas.

Dia berharap ide kreatif generasi muda mengolah kopi ini bisa membawa Palembang menembus empat besar kota kreatif di tanah air sehingga bisa mendorong tumbuhnya industri kreatif lainnya yang mendorong pembangunan daerah.

Bersinergi Dengan Pemprov Sumsel, BI Resmikan Rumah Kopi Sebagai Wadah Pemasaran Kopi Sumsel

Blusukan Ke OKU Selatan Herman Deru Ajak Petani Perbaiki Mutu Kopi

Harga Biji Kopi Ditingkat Petani Kabupaten OKU Turun Jadi Rp18 Ribu Per kg, Ternyata Ini Penyebabnya

"Kopi dulu dijual ke luar negeri diolah lagi dan kembali diimpor harganya sudah sangat mahal padahal itu produk asli Indonesia tapi kini banyak ide kreatif yang bisa diandalkan membangun daerah," ujarnya disela focus grup discusion di kantor Pemkot, Rabu (12/6/2019).

Selain kopi, Slamet juga memberikan acungan jempol untuk pengolahan ikan di Palembang menjadi pempek yang sudah dikenal luas ke seluruh tanah air bahkan ke luar negeri.

Dia berharap akan semakin banyak ide-ide kreatif lainnya yang tumbuh dan berkembang bukan hanya pada sektor kuliner saja tapi juga fashion, musik, hiburan dan lainnya.

Sementara Wali Kota Palembang, Harnojoyo, mengatakan ekonomi kreatif menjadi fokus Pemkot Palembang dengan rutin memberikan pelatihan juga dukungan materi berupa pinjaman tanpa agunan. Ekonomi kreatif yang berkembang di Palembang saat ini yakni fashion, kuliner juga kerajinan tangan.

"Forumnya disediakan, dananya juga hingga produk juga dibantu pemasarannya sehingga prosesnya berkelanjutan tidak putus di tengah jalan," ujarnya.

Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved