ASN Ngeyel Langsung Dikasih SP1

Masa cuti bersama libur Idulfitri 1440H bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) telah berakhir. ASN maupun para tenaga honorer kembali bekerja. Hal ini juga

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Masa cuti bersama libur Idul Fitri 1440 H bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) telah berakhir. ASN maupun para tenaga honorer kembali bekerja. Hal ini juga berlaku di lingkup Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Usai menggelar apel pagi dan halal bihalal bersama ASN dan honorer, Sekertaris Daerah Pemprov Sumsel, Nasrun Umar melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

17 ASN Muba Terancam Sanksi Disiplin Hingga Pemotongan TPP

Gerbong ASN Bergerak, 212 ASN Kena Roling

Dari hasil pemantauan dan laporan yang ia terima, dia mengaku bangga dan memberi apresiasi pada ASN yang telah kembali kerja seperti biasa. Pasalnya, dari beberapa dinas yang didatangi, tidak lebih dari tiga pegawai yang absen. Tiga ASN ini, kata Nasrun jika dipresentasekan tak sampai 1-2 persen. "Seharusnya ASN sudah dapat kembali kerja mengingat libur tahun ini cukup panjang," jelasnya, Senin (10/6/2019)

Menurutnya, para ASN ini sudah mengerti dan tahu kewajibannya. Lebih dari itu, integritasnya pun bisa di pertanggung jawabkan. Hanya saja untuk ASN yang bolos atau mangkir kerja pada hari pertama kerja usai libur panjang lebaran tanpa keterangan akan dilakukan pembinaan sesuai ketentuan PP yang mengatur disiplin ASN. "Hari ini secepatnya saya akan mengeluarkan surat peringatan pertama (SP1) bagi ASN yang bolos di hari pertama kerja pasca libur lebaran," ujarnya.

Selain itu, dirinya juga akan melaporkan hasil sidak dari semua OPD di hari pertama kerja ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Negara (Menpan RB). Hal ini sesuai dengan instruksi menteri dengan tujuan agar diketahui seberapa jauh kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan berapa banyak yang bolos.

Seperti yang diketahui, Kementerian PANRB telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor B/26/M.SM.00.01/2019 tentang Laporan Hasil Pemantauan Kehadiran Aparatur Negara sesudah Cuti Bersama Hari Raya Idulfitri 1440 H. Secara jelas surat itu menyebutkan para Pejabat Pembina Kepegawaian di instansi pusat dan daerah untuk melaporkan hasil pemantauan ASN setelah libur Idulfitri.

Selain itu, jika ada ASN yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah pada Senin, 10 Juni 2019, maka harus mendapatkan hukuman disiplin karena melanggar kewajiban Pasal 3 angka 17 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. (cr26)

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved