Wacana Pemekaran Wilayah Sekda Angkat Bicara ' Bisa Saja Ada Dua Walikota Atau Satu Bupati'

pemekaran wilayah merupakan hal yang bisa saja terjadi di suatu daerah, terlebih jika daerah tersebut memiliki potensi untuk berkembang dengan pesat

Wacana Pemekaran Wilayah Sekda Angkat Bicara ' Bisa Saja Ada Dua Walikota Atau Satu Bupati'
KOLASE SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Sekda Sumsel, Nasrun Umar saat melakukan sidak di Disnakertrans Provinsi Sumsel, Senin (10/6/2019) pagi. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Wacana pemekaran wilayah Seberang Ulu untuk memisahkan diri dari Palembang kembali muncul. Terkait hal itu, Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Nasrun Umar angkat bicara.

Menurutnya, pemekaran wilayah merupakan hal yang bisa saja terjadi di suatu daerah, terlebih jika daerah tersebut memiliki potensi untuk berkembang dengan pesat di masa mendatang.

"Memang entah 5-10 tahun kedepan perkembangan Kota Palembang khususnya dari sisi Ulu dan Ilir, terlihat masih bertumpuh pada Seberang Ilir. Sementara di Seberang Ulu bisa dikatakan memiliki kota Mandiri seperti Jakabaring, yang berpotensi untuk berkembang dengan pesat," ujarnya, Senin (10/6/2019)

Ketika terjadi perkembangan dengan pesat, lanjut Nasrun tentu saja konsekuensinya harus ada pengelolaan sendiri yang diwujudkan jadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

"Jika melihat 10 tahun lagi memang harus dipikirkan. Bisa saja nanti akan ada dua Walikota atau satu Bupati," ungkapnya.

Nasrun menambahkan, pada dasarnya sah-sah saja dalam ranah pemekaran wilayah masyarakatlah dalam rangka mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Hanya saja jangan diiringi dengan politisasi untuk memenuhi syahwat politik semata.

" Tapi saya yakin kalau memang masyarakat benar-benar membutuhkan pembentukan otonomi baru tentu sudah melalui kajian terlebih masyarakatlah yang tahu potensi di daerah itu,"tutupnya.(cr26)

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved