Berita Palembang

H Darmawan SH: Wacana Pembentukan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Palembang Ulu Perlu Konsultasi

Ketua DPRD Kota Palembang H Darmawan SH mengapresiasi adanya wacana Seberang Ulu akan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Palembang Ulu.

H Darmawan SH: Wacana Pembentukan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Palembang Ulu Perlu Konsultasi
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
H Darmawan SH, Ketua DPRD Kota Palembang 

Laporan wartawan sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Ketua DPRD Kota Palembang H Darmawan SH mengapresiasi adanya wacana Seberang Ulu akan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Palembang Ulu.

"Kalau kawan-kawan tanya soal rencana itu, kita mengapresiasi kepada rekan-rekan tokoh yang punya gagasan Palembang Ulu. Sebetulnya wacana ini sudah 10-15 tahun yang lalu ada keinginan tokoh masyarakat untuk ada pemekaran. Namun setelah itu stag gak terdengar dan baru sekarang kita dengar lagi," ungkap H Darmawan SH di sela-sela hari pertama bertugas pasca lebaran Idul Fitri 1440H di Kantor DPRD Kota Palembang, Senin (10/6/2019).

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga melihat keinginan ini seperti yang terjadi pada kota besar di Indonesia seperti Kabupaten Semarang, Kabupaten Bandung.

"Namun ini harus perlu kajian yang betul-betul matang, mendalam. Jangan lupa induk administrasi eksekutif, legislatif maupun pembentukan/pemekaran kabupaten/kota itu induknya di Mendagri. Tetap berkonsultasi ke sana," kata pria yang akrab di sapa Iwan.

Ia juga mengingatkan jika sekarang ini percepatan pembangunan di Kota Palembang tidak hanya tertumpu di Seberang Ilir, melainkan juga sudah banyak sekali dilakukan di kawasan Seberang Ulu.

Pelaku Begal Nyaris Tewas Diamuk Massa di Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muaraenim

Kucing Mati Yang Dipukul Anak Kecil Pada Acara Open House Lebaran, Viral Di Medsos .

Ada Ratusan Warga Negara Indonesia yang Masih Ditahan di Lenggeng Immigration Malaysia

"Seperti pembangunan mercusuar sudah banyak sekali di Seberang Ulu. Menurut saya, soal wacana ini perlu kajian yang prima dengan mengundang Mendagri untuk paparan. Harus dipikirkan juga kedepannya, daerahnya akan mendapatkan PAD dari sektor mana. Imbasnya juga nanti untuk di DPRD, dengan jumlah penduduk satu juta lebih bisa ada 50 kursi. Sementara di Seberang Ulu itu ada berapa jiwa," pungkasnya.

Presidium P3KPU Suparman Romans, mengatakan P3KPU ini dalam rangka menampung aspirasi dari masyarakat Seberang Ulu dan terakumulasi menjadi komitmen Kabupaten Palembang Ulu yang diwujudkan jadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

"Karena sudah cukup syarat. Baik syarat administrasi maupun syarat teknis. Ada lima kecamatan Seberang Ulu terpenuhi. Yakni SU 1, SU 2, Kertapati, Jakabaring dan Plaju. Tidak tertutup kemungkinan menarik kecamatan kabupaten tetangga yang berbatasan seperti Mariana, Ibul Besar, dan salah satu Kecamatan di ujung Kertapati yang masuk Kabupaten Muaraenim," papar Suparman.

Mantan Sekretaris DPW Partai NasDem Sumsel ini berkeyakinan dengan terbentuknya Kabupaten Palembang Ulu nantinya akan memacu percepatan pembangunan baik pembangunan fisik maupun pembangunan Sumber Daya Manusia.

"Kita harus menyadari aset olahraga di Seberang ulu ini milik Pemprov Sumsel jadi tidak ada pengaruh. Kita harus melihat perspektif dan persepsi optimisme. Karena kalau ini terwujud, Palembang Ulu akan membantu visi Palembang Emas Darussalam sebagai pusat jasa perdagangan, kota religi, dengan kegotong-royongannya. Bisa mempercepat predikat kota pariwisata," jelas Suparman yang juga Ketua KONI Kota Palembang. (Abdul Hafiz)

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved