Idul Fitri 2019

BMKG Palembang Himbau Waspadai Potensi Cuaca Buruk, Periode Arus Balik Mudik Lebaran

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bakal terjadi cuaca buruk periode arus balik lebaran pada tanggal 6-10 Juni 2019.

BMKG Palembang Himbau  Waspadai Potensi Cuaca Buruk,  Periode Arus Balik Mudik Lebaran
Sripoku.com/Odi Aria
Arus mudik lebaran di gerbang Jalan Tol Palindra 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Masyarkat yang tengah melakukan aktivitas mudik lebaran diimbau waspada. Pasalnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bakal terjadi cuaca buruk periode arus balik lebaran pada tanggal 6-10 Juni 2019.

Kasi Observasi dan Informasi BMKG SMB II Palembang, Bambang Beny Setiaji mengatakan
berdasarkan pantauan kondisi atmosfer terkini, terdapat indikasi fase basah dari aktivitas gelombang atmosfer Madden Jullian Oscillation (MJO) yang dapat disertai dengan perlambatan angin, pembentukan pusaran dan belokan angin di beberapa daerah di Indonesia termasuk di Sumel.

"Peningkatan kondisi cuaca signifikan di beberapa wilayah di Indonesia dapat berdampak terjadinya cuaca buruk hujan lebat," ujarnya, Kamis (6/5/2019).

Selain hujan lebat, pada periode arus balik tersebut beberapa wilayah di Indonesia seperti Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kep. Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan dan lain-lain juga harus mewaspadai adanya potensi angin kencang yang dapat mengganggu aktivitas berkendara para pemudik.

"Selain potensi hujan lebat, diprakirakan juga ada potensi angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia," ungkapnya.

Maka dari itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem tersebut seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, serta potensi gangguan transportasi laut akibat angin kencang dan gelombang tinggi.

"Terkait juga dengan aktivitas kemaritiman, diprakirakan ketinggian gelombang akan mengalami peningkatan hingga >2,5 meter* di beberapa wilayah," jelas Bambang.

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved