Breaking News:

Berita Banyuasin

Jadi Inspektur Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila, Askolani: Momentum Mengamalkan Pancasila

Bupati Banyuasin H Askolani SH MH membacakan teks Pancasila dan diikuti oleh peserta upacara di halaman Pemkab Banyuasin

SRIPOKU.COM/MATBODOK
Bupati Banyuasin H Askolani SH MH membacakan teks Pancasila 

Laporan wartawan Sripoku.com, Mat Bodok

SRIPOKU.COM, BANYUASIN-- Bupati Banyuasin H Askolani SH MH membacakan teks Pancasila dan diikuti oleh peserta upacara di halaman Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Banyuasin, dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pancasila ke-74, Sabtu (1/6/2019).

Upacara tadi, selaku inspektur upacara Bupati Banyuasin, dan pemimpin upacara dari Kodim 0430/Banyuasin, di lapangan apel Pemkab Banyuasin.

Dan sang saka bendera merah putih berkibar dengan baik dinaikan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Pakibraka) Banyuasin.

Askolani yang membacakan teks Pancasila diikuti oleh peserta upacara secara satu persatu sila dari pancasila dibacakan hingga selesai.

Kemudian Ketua DPRD Banyuasin Irian Stiawan SH MSi tadi, juga membacakan Undang-undang Dasar (UUD) 1945.

Bukan Sekedar Mitos, Hujan Memang Ada Kaitannya dengan Ingatan Masa Lalu, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Sempat Populer Bahkan Hidup Bergelimang Harta, Akhir Hayat Artis Lawas Ini Malah Berujung Tragis

Setelah itu, bupati membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia (RI) disampaikan, bahwa Pancasila mampu menyaruhkan kita sebagai satu bangsa dan hidup dalam NKRI.

"Pada 1 Juni ini hari sangat bersejarah, momentum ini bagaimana kita mengamalkan pancasila sebagai lambang negara kita," kata Askolani.

Pancasila sebagai dasar negara, jelas Askolani juga ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa.

"Kita harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Pancasila dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia," tutur Askolani.

Untuk itu, jelas Askolani didampingi Dandim 0430/Banyuasin Letkol Arh Alfian Amran, peringatan hari kelahiran Pancasila ke-74, tak bisa dipisahkan dari perumusan Piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

“Jadi tiga peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”, tandas Askolani yang juga didampingi Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem SIk SH.

BREAKING NEWS: Inna Lillahi Wainna Ilaihi Rajiun, Ani Yudhoyono Meninggal Dunia

Bukan Sekedar Mitos, Hujan Memang Ada Kaitannya dengan Ingatan Masa Lalu, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Naomi Zaskia tak Sadar Sebut Kata Ini di Akhir Telepon Saat Kena Prank, Ngambek Sampai Pukuli Sule

 

 
 

Penulis: Mat Bodok
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved