Mudik Lewat Tol Trans-Jawa, Monas-Tegal 10 Jam

Mudik Bareng Pemda DKI Jakarta yang dihelat pada Kamis (30/5/2019), bagi Rifqi Azmi, merupakan kali pertama setelah enam tahun berturut-turut berkegia

Mudik Lewat Tol Trans-Jawa, Monas-Tegal 10 Jam
pesona.travel
Monas, Jakarta Pusat. 

SRIPOKU.COM, SEMARANG - Mudik Bareng Pemda DKI Jakarta yang dihelat pada Kamis (30/5/2019), bagi Rifqi Azmi, merupakan kali pertama setelah enam tahun berturut-turut berkegiatan serupa dengan PT Jasa Raharja (Persero).

Bersama kedua orang tua, kakak, dan adik Rifqi bertolak dari rumah di Bekasi sekitar pukul 05.30 WIB. Sepagi itu, mereka sekeluarga menempuh perjalanan selama satu jam untuk kemudian berkumpul bersama 17.422 pemudik lainnya di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Walau Mahal Tiket Bus Diburu Pemudik, Naik Hingga 45 Persen

Hindari Tujuh Pasar Tumpah, Rawan Macet Pemudik Sumsel

Sedianya, dalam jadwal yang dibagikan kepada para peserta mudik, tercantum pelepasan keberangkatan mudik bareng pada pukul 08.30 WIB.

Namun, seremoni baru bisa terlaksana satu jam kemudian. Menurut Rifqi, molornya waktu keberangkatan ini di luar perkiraan, dan ternyata berpengaruh pada lamanya perjalanan.

Jika dihitung waktu efektif dari Monas usai seremoni pelepasan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada pukul 09.30 WIB, rombongan mudik bareng tiba di Terminal Tipe A Tegal sebagai lokasi resmi pemberhentian, selama 10 jam.

"Biasanya, mudik bareng sebelumnya selalu tepat waktu. Kali ini terlambat. Mungkin karena ini pengalaman kali pertama bagi Pemda DKI menyelenggarakan mudik bareng," ungkap Rifqi kepada Tim Merapah Trans Jawa 4 Kompas.com.

Rifqi menambahkan, kondisi lalu lintas sudah padat sejak dari KM 11 hingga KM 57 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Dia menggambarkan, lalu lintas padat merayap dengan kecepatan maksimal 10 kilometer per jam. Terlihat beberapa rest area dipenuhi pemudik hingga meluber ke bahu jalan tol.

"Tapi selepas itu, lalu lintas kembali lancar teritama di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Sementara gerbang tol baru Cikampek Utama masih diwarnai antrean, meskipun tidak terlalu padat," jelas Rifqi.

GM Jasamarga Cabang Jakarta Cikampek Raddy R Lukman mengungkapkan, tren volume kendaraan yang melintasi Tol Jakarta-Cikampek akan terus meningkat hingga puncak arus mudik pada tanggal 31 Mei atau sekitar 1 dan 2 Juni.

"Rabu kemarin saja, kendaraan yang melintas sebanyak 57.400 unit. Ini akan teris meningkat dengan puncaknya mencapai sekitar 90.000 kendaraan," kata Raddy.

Raddy mengimbau pemudik untuk mempersiapkan perjalanan mudik dengan matang, mengecek kondisi fisik kendaraan, mengisi tangki BBM secara penuh, isi kartu elektronik dengan jumlah maksimal, serta melengkapi diri dengan obat-obatan, makanan, dan minuman.

Penulis: Hilda B Alexander

Like Facebook Sriwijaya Post Ya...

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://properti.kompas.com/ dengan Judul:
Monas-Tegal Lewat Tol Trans-Jawa 10 Jam

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved