Berita Musirawas

Hasil Sidak Tim Pemkab Musirawas Temukan Minuman Kedaluwarsa

Masyarakat yang akan berbelanja untuk keperluan Hari Raya Idul Fitri 2019 ini diimbau hati-hati dan teliti sebelum membeli produk makanan

Hasil Sidak Tim Pemkab Musirawas Temukan Minuman Kedaluwarsa
Dok Kominfo Musirawas
Tim Pemkab Musirawas saat melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak), di salah satu toko manisan di Pasar Megang Sakti Kabupaten Musirawas, Rabu (29/5/2019). 

Hasil Sidak Tim Pemkab Musirawas Temukan Minuman Kadaluarsa

Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Masyarakat yang akan berbelanja untuk keperluan Hari Raya Idul Fitri 2019 ini diimbau hati-hati dan teliti sebelum membeli produk makanan dan minuman yang dijual di pasaran.

Karena seiring meningkatnya permintaan masyarakat, produk makanan dan minuman pun membanjiri pasar.

Dalam kondisi seperti ini, bukan tidak mungkin ada oknum pedagang yang nakal yang memanfaatkan situasi dengan menjual produk yang sudah tak layak jual, seperti sudah kedaluwarsa atau habis masa edarnya.

Ini terbukti dari temuan Tim Pemkab Musirawas saat melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak), di salah satu toko manisan di Pasar Megang Sakti Kabupaten Musirawas, Rabu (29/5/2019).

Dimana tim menemukan ada minuman kemasan yang sudah habis masa berlakunya atau sudah kedaluwarsa.

Kepala Dinas Perindagsar Kabupaten Musirawas Hj Nur Hasanah Yoesoef selaku Ketua Tim Pemkab Musirawas didampingi Kabag Ekonomi Setda Mura, Decky Zulkarnain dan Tim Dinkes Musirawas mengungkapkan, temuan produk kedaluwarsa itu dari kecurigaan dengan kondisi fisik produk.

Setelah diteliti ternyata produk minuman tersebut sudah tidak layak konsumsi karena sudah kedaluwarsa.

Tim Pemkab Musirawas saat melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) di salah satu toko manisan di Pasar Megang Sakti Kabupaten Musirawas, Rabu (29/5/2019).
Tim Pemkab Musirawas saat melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) di salah satu toko manisan di Pasar Megang Sakti Kabupaten Musirawas, Rabu (29/5/2019). (Dok Kominfo Musirawas)

"Kepada pelaku usaha kami berikan teguran dan peringatan agar tidak menjual produk makanan dan minuman yang sudah tak layak konsumsi.

Adapun produk kedaluwarsa yang kami temukan, harus ditarik dan dimusnahkan agar tidak dibeli oleh konsumsen," ujar Hj Nurhasanah Yoesoef.

Dia mengimbau kepada masyarakat konsumen untuk lebih selektif dan teliti dalam membeli produk makanan dan minuman kemasan.

Seperti dengan melihat kemasannya, kemudian cek waktu kedaluwarsa serta fisik kemasan makanan dan minuman yang dijual di pasaran, sebelum dibeli.

Dilanjutkan, selain mengecek kelayakan produk makanan dan minuman, dalam sidak tersebut juga dllakukan pemantauan harga kebutuhan pokok masyarakat jelang hari lebaran.

Dari hasil pemantauan diketahui, adanya kecendrungan harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik pada kisaran Rp 2- 10 ribu dari harga normal.

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved