Berangsur Diperbaiki, Jalur Mudik di OKUT Sudah Mulus,. Namun Berdebu

uas jalur mudik yang ada di Kabupaten OKU Timur saat ini berangsur mulai diperbaiki. Meskipun hanya dilakukan perayaan dan penimbunan disejumlah lokas

Berangsur Diperbaiki, Jalur Mudik di OKUT Sudah Mulus,.  Namun Berdebu
SRIPO/EVAN HENDRA
JALUR MUDIK - Ruas jalur mudik Martapura - Belitang dan Kayuagung-Martapura yang sudah diperbaiki dan bisa dilalui dengan nyaman.

Laporan wartawan Sripoku.com, Evan Hendra

SRIPOKU.COM, MARTAPURA ---- Ruas jalur mudik yang ada di Kabupaten OKU Timur saat ini berangsur mulai diperbaiki. Meskipun hanya dilakukan perayaan dan penimbunan disejumlah lokasi berlubang, namun hal itu cukup membuat lega pemudik yang akan melintas mengingat sebelumnya jalur mudik yang ada di Kabupaten OKU Timur mengalami kerusakan cukup parah mulai dari berlubang dan berlumpur.

Ruas jalur mudik yang ada di Kabupaten OKU Timur yang kerap dilalui pemudik adalah ruas Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalinteng) mulai dari perbatasan Waykanan Provinsi Lampung hingga Kabupaten OKU. Kondisi jalur mudik di ruas jalan negara tersebut relatif cukup bagus. Hanya beberapa titik terdapat lubang jalanan yang kecil namun memiliki kedalaman yang cukup membahayakan bagi pengendara sepeda motor.

Jalur Mudik di OKUT Sudah Mulus, Namun Berdebu
Jalur Mudik di OKUT Sudah Mulus, Namun Berdebu (SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA)

Selain itu ada juga ruas jalan provinsi yang menghubungkan antara Kota Martapura dengan Simpang Martapura hingga Kota Muaradua. Ruas jalan provinsi ini mengalami kerusakan cukup parah mulai dari berlubang, bergelombang hingga aspal yang terkelupas. Namun sejak beberapa hari terakhir penimbunan sudah dilakukan oleh pemerintah provinsi sehingga pemudik yang akan melintas bisa lebih nyaman kendati harus bersiap-siap menghisap debu yang dihasilkan oleh penimbunan krokos dicampur pecahan batu.

Selain itu, jalur mudik juga bisa dilalui dari Kota Kayuagung-Martapura dan Martapura Belitang. Ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten OKU Timur dan Kabupaten OKI ini baik tembus ke Talang Pangeran maupun ke Mesuji kondisinya saat ini juga sudah dilakukan penimbunan dan perbaikan secara darurat. Ruas jalan yang sebelumnya dikeluhkan pengguna jalan saat ini sudah dilakukan penimbunan dan perbaikan menggunakan batu dan pasir sehingga pengendara tidak perlu khawatir akan terperosok didalam lubang.

"Semuanya sudah lancar dan tidak membahayakan. Hanya saja saat ini debunya cukup banyak karena semuanya hanya perbaikan sementara dengan cara ditimbun dan beberapa titik juga dilakukan penggalian terlebih dahulu," ungkap Dwi (20) warga pesisir Komering ketika dikonfirmasi Jumat (31/5/2019).

Menurut Dwi selama beberapa tahun ruas jalan di Kabupaten OKU Timur mengalami kerusakan dan belum ada upaya perbaikan terutama untuk jalan provinsi. Pemerintah Provinsi kata dia sudah berjanji akan melakukan perbaikan yang saat ini sudah dimulai dengan tahap awal penimbunan mengingat jalan tersebut akan dilalui oleh pemudik.

"Setelah Idul Fitri sepertinya semuanya akan diperbaiki secara permanen. Saat ini baru perbaikan darurat saja. Mudah-mudahan setelah ini perbaikan dilakukan secara menyeluruh sehingga dapat memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan," katanya. (hen).

Penulis: Evan Hendra
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved