Berita Prabumulih

Antisipasi Macet di Jalan Jenderal Sudirman, Polres Prabumulih Siapkan Dua Jalur Alternatif Pemudik

Antisipasi Macet di Jalan Jenderal Sudirman, Polres Prabumulih Siapkan Dua Jalur Alternatif Pemudik

Antisipasi Macet di Jalan Jenderal Sudirman, Polres Prabumulih Siapkan Dua Jalur Alternatif Pemudik
Tribunsumsel.com/Edison Bastari
Salah satu jalur alternatif ini dipersiapkan untuk mengantisipasi kemacetan khususnya di kawasan Jalan Jenderal Sudirman Kota Prabumulih, Jumat (31/5/2019). 

Antisipasi Macet di Jalan Jenderal Sudirman, Polres Prabumulih Siapkan Dua Jalur Alternatif Pemudik

SRIPOKU.COM, PRABUMULIH - Polres Prabumulih menyiapkan jalur alternatif bagi para pengendara yang akan mudik atau balik lebaran 1440 Hijriyah.

Jalur alternatif ini dipersiapkan untuk mengantisipasi kemacetan khususnya di kawasan Jalan Jenderal Sudirman Kota Prabumulih.

Hal ini diungkapkan Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH melalui Kasat Lantas, AKP Betty Purwanti ketika diwawancarai di Polres Prabumulih.

AKP Betty Purwanti mengatakan, jalur alternatif yang disiapkan pihaknya ada dua yakni Jalan Lingkar Timur Kota Prabumulih dan Jalan Bukit Lebar dimana masuk dari samping kantor Sintap atau SPBU Prabujaya tembus kawasan Bakaran Kelurahan Sukaraja Kecamatan Prabumulih Selatan.

"Jalur alternatif disiapkan ada dua, namun jika terjadi kemacetan parah. Kita akan usahakan terus supaya kemacetan di jalur tersebut tidak terjadi karena kawasan rawan macet hanya di pos pasar saja, kalau yang lain lancar-lancar saja," katanya seraya mengatakan kawasan pasar sering macet karena ramai kendaraan parkir di jalan dan adanya rel kereta api.

Ditanya berapa banyak personel disiagakan selama arus balik dan arus mudik lebaran 1440 hijriah, Kasat Lantas menuturkan, personel akan diterjunkan sebanyak 20 personel ditambah personel yang standby di pos yang akan dibagi dalam beberapa shift jaga.

"Jadi 20 personel itu tidak termasuk petugas standby di pos karena mereka merupakan unit mengurai kemacetan, biasanya macet itu disebabkan banyak parkir sembarangan, itu akan diurai. Kita juga akan koordinasi dengan instansi terkait seperti dishub dan Pol PP," katanya.

Betty mengimbau para pemudik jika dalam perjalanan lelah agar istirahat, diusahakan menggunakan kendaraan umum jangan sepeda motor karena akan lebih aman, jika menggunakan motor stamina harus prima dan menggunakan kelengkapan berkendara seperti helm dan cek kesiapan kendaraan.

"Pastinya juga selama mudik maupun balik agar mematuhi segala aturan lalulintas," imbaunya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seminggu jelang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, arus mudik di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman kota Prabumulih mulai padat merayap.

Pantauan pada Jumat (31/5/2019), intensitas kendaraan yang melintas di sepanjang jalan sudirman kota Prabumulih mulai tinggi dan tanpa kendaraan-kendaraan berplat luar mulai ramai melintas di jalan kota nanas.

Kemacetan makin diperparah ketika kereta api melintas di jalur ganda di tengah kota atau pasar Prabumulih.

Kendaraan akan menumpuk mulai dari simpang Nasional hingga eks Polsek Prabumulih Timur.

Penyebab lain kemacetan disebabkan ramainya warga yang memarkirkan kendaraan di pinggir jalan hingga masuk median jalan. (Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Edison Bastari)

Editor: Sudarwan
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved