Tiket Pesawat Mahal, Warga Palembang ini Pilih Mudik Lewat Jalur Darat

Tingginya harga tiket pesawat, membuat sejumlah pemudik terpaksa memilih jalur darat untuk mudik kekampung halaman.

Tiket Pesawat Mahal, Warga Palembang ini Pilih Mudik Lewat Jalur Darat
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Para pemudik mulai memadati stasiun Kertapati Palembang, Minggu (26/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Ika Anggraeni

SRIPOKU.COM, PALEMBANG- Tingginya harga tiket pesawat, membuat sejumlah pemudik terpaksa memilih jalur darat untuk mudik kekampung halaman.

Bardasarkan pantauan Tribunsumsel.com, himpun di lapangan,Kamis,(30/5/2019) menjelang H-4 Lebaran Idul Fitri 1440 H, kendaraan pemudik mulai padati ruas jalan lintas tengah (jalinteng) tepatnya di ruas jalan Muaraenim-Baturaja, tampak kendaraan pemudik yang didominasi oleh plat dari daerah jawa mulai merayap memasuki kota Muaraenim. 

PTBA Siapkan 31 Bus untuk Mudik Bareng BUMN 2019, Diikuti 2.628 Orang

Tabrakan Speedboat di Muara Sungai Desa Sri Gading Muba , 5 Korban Alami Luka-Luka

Seperti yang di tuturkan oleh Eka Apriani (34) salah satu pemudik asal Solo yang ditemui Tribun mengatakan bahwa ia dan keluarga sengaja menggunakan jalur darat untuk mudik akibat tingginya harga tiket pesawat dari solo menuju Palembang.

" Sebenarnya pada awal rencana mau mudik menggunakan pesawat pada H-3 lebaran, namun harga tiket pesawat saat ini lagi gila-gilanya, dari Solo-Palembang aja dikisaran Rp 1.5 keatas, itu untuk satu orang saja, apalagi kami sekeluarga ada 6 orang, dan belum lagi ongkos dari Palembang menuju Muaraenim, wah kalau naik pesawat semua bisa gak bisa pulang lagi ke solo karena tekor diongkos, makanya akhirnya kita memutuskan untuk naik mobil saja, biar lebih hemat dan uangnya bisa buat THR untuk keluarga di kampung nanti," katanya. 

Jalintengsum Empatlawang Mulai Dilintasi Mobil Plat dari Luar Daerah

Video: Berikut 60 Wajah Pencopet di Pasar 16 Ilir Palembang, Jangan Sampai Jadi Korban!

Ia juga menjelaskan bahwa karena menggunakan jalur darat membuat  ia dan keluarganya memutuskan berangkat lebih awal. 

" Karena jauh dan memakan waktu lebih dari dua hari makanya kita memutuskan berangkat di H-7, dan karena banyak stop dijalan jadi tiba di Muaraenimnya sedikit lambat," katanya. 

Hal Senada juga dikatakan Firman (47) salah satu pemudik asal jakarta mengatakan bahwa ia dan keluarganyapun konvoi mudik dari Jakarta menuju kabupaten Lahat. 

" Kita konvoi tiga mobil dan sengaja pilih jalur darat biar saat di kampung nanti, ada kendaraan saat mau silatulrahmi kerumah kerabat yang rumahnya jauh, dan selama diperjalanan ya kita nikmati saja, kalau capek beristirahat dipos-pos pengamanan polisi dan juga masjid maupun SPBU yang kita singgahi, lumayan capek, tapi demi lebaran dikampung dan kumpul dengan keluarga ya dinikmati saja," katanya. 

Sementara itu Kapolres Muaraenim,AKBP Afner Juwono melalui Kasat Lantas,AKP Feby Ferbiyana mengatakan hingga saat ini kondisi arus mudik di beberapa titik ruas jalan baik di jalinteng maupun ruas jalan Muaraenim- Palembang terpantau aman dan lancar.

Tak Ingin Berurusan dengan KPK, Walikota Prabumulih Ridho Yahya Tolak Kiriman Puluhan Parcel

Berikut 5 Tips Aman dan Nyaman Gunakan Transportasi Online dari Aplikasi Grab

"Sejauh ini kondisi jalan yang dilalui arus mudik masih lancar dan tidak ada masalah,dan sejumlah petugas kita dipos-pos pengamanan dan pos layanan siap membantu pemudik,jika memerlukan bantuan," jelasnya.

Dikatakannya, untuk mengantisipasi kemacetan di ruas jalan tersebut pihaknya mensiagakan petugas untuk mengatur lalu lintas.

" Terutama ruas jalan yang ada pasar tumpah,itu akan kita siagakan petugas, jika tidak di tempatkan petugas bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kemacetan, dan untuk itu kita siapkan petugas di sana, dan untuk mengatur agar tidak terjadi kemacetan," jelasnya.

Ia juga mengatakan hal yang samapun tampak terlihat di ruas  jalinteng dimana para kendaraan pemudik mulai tampak terlihat di ruas jalan tersebut.

" Arus mudik ini sudah terpantau sejak kemarin dan prediksi kita akan meningkat lagi menjelang H-3 dan H-1 lebaran," pungkasnya. 

Editor: Budi Darmawan
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved