Penumpang Kereta Dimanjakan Fasilitas Mewah; Siapkan Menu Buka Puasa dan Sahur

Memasuki masa angkutan lebaran 2019, PT KAI (Persero) Divre III Palembang resmi menggunakan rangkaian KA Koneksi Sriwijaya dengan rangkaian baru kelas

Penumpang Kereta Dimanjakan Fasilitas Mewah; Siapkan Menu Buka Puasa dan Sahur
https://idea.grid.id/
Ilustrasi - Kereta Api Kelas Prioritas. (https://www.instagram.com/liburananak/) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Memasuki masa angkutan lebaran 2019, PT KAI (Persero) Divre III Palembang resmi menggunakan rangkaian KA Koneksi Sriwijaya dengan rangkaian baru kelas eksekutif dan kelas premium, Selasa (28/5). Rangkaian baru KA Sriwijaya relasi Kertapati Tanjung Karang ini memiliki susunan dua kereta eksekutif stainless steal (K1 SS), tujuh kereta premium stainless steal (K3 premium SS).

Perlu Diketahui, Ini Bedanya Kereta Api Prioritas dengan Kereta Api Tidur

Jelang Lebaran Tiket Kereta Api Kelas Ekonomi Ludes Terjual, Bagasi Penumpang Maksimal 20 Kg

Satu rangkaian gerbong memiliki kapasitas 580 tempat duduk. Dengan rincian 80 tempat duduk kereta ekonomi premium dan 50 tempat duduk eksekutif. Adapun fasilitas kelas eksekutif dilengkapi dengan enam televisi mulai ukuran besar hingga sedang. Di setiap kursi penumpang terdapat footrest dan meja lipat dengan fasilitas tatakan piring, gelas, dan gantungan atau hanger . Terdapat juga colokan headset untuk kebutuhan hiburan berupa audio.

Untuk kursi memiliki desain yang baru dengan corak biru putih dan sandaran punggung yang agak tinggi dan dilengkapi priority seat dan cukup empuk. Gerbong tersebut juga dilengkapi dengan lampu utama dan lampu baca setiap kursi dan lampu untuk perjalanan malam. Sedangkan untuk kelas premium dilengkapi dengan TV dan bagasi di kabin yang semula dari rangka besi diganti bagasi kabin layaknya kelas eksekutif beserta AC yang dirombak menjadi tersentralisasi.

Kursi memiliki konfigurasi 2-2 dan dilengkapi priority seat dengan desain yang baru sandaran punggung yang dapat disesuaikan. Salah seorang penumpang, Rani mengatakan, kereta baru milik PT KAI ini sangat nyaman. Kursinya bisa diatur disesuaikan untuk duduk atau digunakan sandaran untuk tidur. "Nyaman ya, di dalam kereta tak ada lagi yang bisa merokok," kata dia.

Penumpang lainnya, Roni mengatakan, fasilitas yang ada di dalam kereta sangat dimanjakan. Mulai dari tempat duduk, kabin dan serta peralatan lainnya. Apalagi saat kita melakukan perjalanan bisa mendengarkan musik melalui headset yang disediakan. "Perjalanan lama betah kalau fasilitasnya bisa buat nyaman," kata dia.

EVP Divre III Palembang, M Purnomosidi mengatakan, rangkaian kereta baru ini untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang. "Sudah lama tidak diganti, sekarang kita ganti KA Sriwijaya Kertapati Tanjung Karang Kedepan juga KA Sindang Marga relasi Kertapati Lubuklinggau," kata dia. Menurutnya, untuk jadwal keberangkatan KA Sriwijaya berangkat dari stasiun Kertapati pukul 21.00 tiba pukul 06.10 WIB. Begitu juga sebaliknya.

Pihaknya juga memasuki H-10 lebaran ini menyiapkan menu berbuka dan sahur bagi penumpang yang menjalankan perjalanan malam hari. Makanan yang dibagikan diberikan gratis kepada penumpang. "Penumpang tak lagi repot repot siapkan makanan berbuka dan sahur, sudah kita sediakan khusus penumpang," kata dia.

Purnomosidi, mengatakan, setiap harinya sebanyak 5.908 boks makanan per hari dibagikan kepada penumpang. Selain penumpang KAI pihaknya juga membagikan makanan berbuka untuk penumpang LRT yang kebetulan saat berbuka sedang melakukan perjalanan. (axl)

Story Highlights
- PTKA Divre II Palembang Makin Manjalan penumpang
- Dengan Gerbong Baru Eksekutif dan Kelas Premium
- Siapkan Menu Sahur dan Berbuka Puasa

Penulis: Yandi Triansyah
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved