Berita OKU Selatan

BREAKING NEWS: Kawanan Gajah Liar Rusak Perkebunan Warga di OKU Selatan

6 ekor gajah yang ada di Desa Sinar Danau Kecamatan Buana Pemaca Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan melakukan pengrusakan pada ladang

BREAKING NEWS: Kawanan Gajah Liar Rusak Perkebunan Warga di OKU Selatan
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Kebun jagung milik warga di Desa Sinar Danau Kecamatan Buana Pemaca Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan yang dirusak oleh kawanan gajah liar, Rabu (29/5/2019). 

BREAKING NEWS: Kawanan Gajah Liar Rusak Perkebunan Warga di Kabupaten OKU Selatan

Laporan wartawan Sripoku.com, Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM, MUARADUA - Gangguan hewan satwa liar diperkirakan berjumlah 6 ekor gajah yang ada di Desa Sinar Danau Kecamatan Buana Pemaca Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan melakukan pengrusakan pada ladang perkebunan warga, setempat, Selasa (28/5/2019).

Hal itu dibenarkan Perwakilan Badan Konservasi Sumber Daya Alam, Resort SM Gunug Raya yang meninjau kelokasi, terkait kerusakan yang diakibatkan gajah liar tersebut.

"Adapun kerusakan yang ditimbulkan oleh gangguan hewan gajah, seperti kebun jagung berkisar 1/4 hektar, kebun sawit dan kebun pisang,"ungkap Koordinator Kesatuan Hutan Konservasi (KPHK) SM Gunung Raya Herman IB.

Tinjauan perwakilan kantor KPHK SM Gunung Raya Herman IB bersama, perwakilan unsur Desa Sinar Danau dan Babinkamtibmas Polsek Simpang, menemukan sejumlah kerusakan ladang perkebunan milik warga setempat.

Lebih rinci Herman menyampaikan kerusakan ladang kebun warga seperti kebun pisang lebih kurang puluhan batang, kebun sawit dan kebun jagung berkisar 1/4 Hektar.

BKSDA Herman IB, menghimbau kepada penduduk setempat agar tetap waspada serta sementara waktu tidak berktifitas di lolasi tempat keberadaan gajah serta rutin melakukan pengusiran agar terhindar dari hap-hal yang tidak diinginkan.
"Ya, kita menghimbau pada masyarakat setempat untuk tidak melakukan aktifitas dilokasi serta menggunakan bunyi-bunyian untuk mengusir gajah,"tambah Herman.

Dirinya membenarkan saat ini warga merasa takut dan resah,untuk itu melalui Camat dan Kepala Desa Sinar danau masy sangat mengharapkn agar dpt mengatasi gangguan gajah liar yg terjadi saat ini.

Terkait keresahan penduduk setempat, Camat Buana Pemaca Khairul Anwar mengharapkan gangguan gajah dapat segera teratasi untuk keamanan dan kenyaman warga Desa setempat
"Kita sangat mengharapkan agar pihak yang bersangkutan dapat mengatasi gangguan gajah liar ini,"ujar Khairul.

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved