Berita Palembang

Ingin Jadi Anggota Komisi Informasi Priode 2019-2023, Ayo Daftarkan Segera, Ini Syaratnya

Sekitar 1.000 peminat bakal mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi calon Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumsel 2019-2023.

Ingin Jadi Anggota Komisi Informasi Priode 2019-2023, Ayo Daftarkan Segera, Ini Syaratnya
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Amrullah MN SSTP MSi, Sekretariat Seleksi Komisi Informasi Sumatera Selatan. 

Laporan wartawan sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Sekitar 1.000 peminat bakal mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi calon Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumsel 2019-2023.

Pendaftaran ini sendiri dibuka 22 Mei-13 Juni 2019 pada jam dan hari kerja. Formulir bisa didownload di sumselprov.go.id dan bisa diantar langsung ke Kantor Dinas Kominfo Provinsi Sumsel Jln Merdeka No10A atau via pos.

"Hingga saat ini yang baca berita pengumuman penerimaan calon Komisi Informasi Provinsi Sumsel 2019-2023 di sumselprov.go.id ada 981 pengunjung. Minimal 40 pendaftar kalau sampai tanggal 13 Juni tidak sampai jumlahnya maka akan diperpanjang 1 kali pendaftaran (10 hari lagi). Sekarang baru 3 yang datang langsung. Kemungkinan setelah lebaran baru ramai daftat. Mereka masih mengurus surat tidak pernah dipidana karena melakuan pidana yang diancam hukuman 5 tahun dari Pengadilan Negeri," ungkap Kepala Sekretariat Tim Seleksi Jon Kennedy SE MSi melalui Sekretaris Sekretariat Panitia Seleksi Komisi Informasi Provinsi Sumsel, Amrullah MN SSTP MSi, Senin (27/5/2019).

Menurut Amrullah, awal Agustus diperkirakan komisioner terpilih sudah terpilih dua bulan proses seleksi ini. Komisioner lama berakhir masa jabatannya 1 Agustus 2019. Herlambang Cs.

Mereka yang baru satu periode boleh daftar. Kecuali Kapri Jaya sudah dua periode. Yang lainnya seperti Herlambang, Helda, Zacky Shahab, Agus Srimudin.

"Bagi PNS minimal Golongan 4A atau eselon 2. Fakta Integritas menjalankan komitmen sebagai anggota KI tidak melanggar UU dan fakta integritas pernyataan Bebas narkoba jika terbukti siap mengundurkan diri. Selain surat dari RS Bhayangkara.

KI ini punya kewenangan menyelesaikan sengketa informasi yang diajukan masyarakat. Misalnya mengajukan informasi ke badan publik (dinas), kemudian dinas itu tidak memberikan informasi yang dimaksud. Mereka keberatannya juga ditolak, disidang di KI. Keputusannya mengikan di kedua pihak. Keputsan KI wajib dilaksanakan badan publik. Ada sela untuk banding," kata Amrullah yang juga menjabat Kabid Pengolahan Informasi Publik Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.

Adapun dasar seleksi ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Peraturan Komisi Informasi (PERKI) Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pedoman Pelaksana Seleksi dan Penetapan Anggota Komisi Informasi, dan Rapat Pleno Tim Seleksi Pemilihan Anggota Komisi Informasi Provinsi Sumatera Selatan Periode 2019-2023.

Maka selanjutnya membuka kesempatan bagi setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berkompeten untuk menjadi Anggota Komisi Informasi Provinsi Sumatera Selatan Periode 2019-2023. Pendaftaran dan Penyerahan Berkas dimulai dari tanggal 22 Mei s.d 13 Juni 2019 dan atau cap pos (per tanggal 13 Juni 2019), dengan persyaratan sebagai berikut :

Halaman
12
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved