Berita Muaraenim

Muaraenim Kembali Raih Penghargaan Opini WTP untuk Keenam Kalinya

Pemerintah Kabupaten Muaraenim telah menerima piagam Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP keenam kali secara berturut-turut.

Muaraenim Kembali Raih Penghargaan Opini WTP untuk Keenam Kalinya
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Bupati Muaraenim Ahmad Yani dan Ketua DPRD Muaraenim Aries HB secara simbolis menerima penghargaan Opini WTP ke enam kali dari BPK RI di Palembang. 

Laporan wartawan sripoku.com,Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM -- Sejak 2013 - 2018  Pemerintah Kabupaten Muaraenim telah menerima piagam Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP keenam kali secara berturut-turut.

WTP ini diberikan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018 di Kantor BPK Perwakilan Sumatera Selatan, Palembang.

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Plt Kepala Kantor BPK Perwakilan Sumsel Teguh Prasetyo SE MAB Ak CA kepada Bupati Muaraenim Ir H Ahmad Yani, MM didampingi Ketua DPRD Muaraenim Aries HB SE.

"Bagi Pemerintah Kabupaten Muaraenim, opini WTP kali ini merupakan opini WTP yang keenam diperoleh secara berturut-turut sejak Tahun Anggaran 2013 yang lalu sampai dengan Tahun Anggaran 2018 ini. Walaupun pada Tahun Anggaran 2013 yang Ialu, opini yang diperoleh adalah WTP DPP (Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelas), tapi tentu saja tetap dihitung sebagai Opini WTP," ujar Bupati Muaraenim Ir H Ahmad Yani MM, di Muaraenim, Minggu (26/5/2019).

Menurut Yani, pihaknya sangat berkeyakinan bahwa kesimpulan yang diberikan BPK yang tercermin dalam Laporan Hasil Pemeriksaan merupakan pendapat professional yang dihasilkan dari pengujian bukti-bukti yang mendukung angka-angka dan pengungkapan dalam laporan keuangan.

Disamping itu, berdasarkan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara yang mengharuskan BPK mematuhi kode etik BPK, serta merencanakan dan melaksanakan pemeriksaan untuk memperoleh keyakinan yang memadai apakah laporan keuangan tersebut bebas dari salah saji material.

Sehingga dapat menyimpulkan bahwa bukti pemeriksaan yang telah diperoleh adalah cukup dan tepat, sebagai dasar untuk menyatakan opini BPK.

Itu artinya adalah bahwa Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Muaraenim Tahun Anggaran 2018 untuk haI-hal yang material telah memenuhi empat kriteria berikut yakni Penyajian Laporan Keuangan telah wajar, transparan, akuntabel dan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan.

Pengelolaan Keuangan telah didukung dengan Sistem Pengendalian Intern yang memadai. Adanya Kecukupan pengungkapan (adequate disclosures) serta Pelaksanaan kegiatan telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Calon Siswa SMK PP Sembawa Serius Ikuti Tes, Masuk Sekolah Pertanian Ini Sulit Tapi Keluar Mudah

Warga Penghuni Lapas di Lahat Ini Edarkan Narkoba Jenis Ganja di Dalam Penjara

Petani di Lahat Berharap Ada Peningkatan Harga karet Jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah

Halaman
12
Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved